GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

BREAKING NEWS: Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 5,5 Jelang Pergantian Tahun 2024

Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 5,5 Jelang Pergantian Tahun 2024
Ilustrasi: Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 5,5 Jelang Pergantian Tahun 2024.

PEWARTA, BREAKING NEWS - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang kawasan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Minggu (31/12/2023) pukul 11.52 WIB.

Gempa tersebut terjadi di laut 90 kilometer barat daya Pangandaran, tepatnya di koordinat 8.22 Lintang Selatan (LS) dan 107.87 Bujur Timur (BT).

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Bambang menjelaskan, gempa di Pangandaran tersebut terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.

"Gempa ini diakibatkan adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia," katanya.

Gempa tersebut dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Pangandaran, Ciamis, dan Tasikmalaya. Namun, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan maupun korban jiwa akibat gempa tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi gempa susulan.

Kendati begitu, dirinya meminta masyarakat tak perlu panik berlebih, dan segera mencari tempat berlindung jika sewaktu-waktu terjadi gempa susulan.

Selain itu, ia juga meminta untuk tidak memercayai kabar apapun di internet termasuk yang beredar melalui jejaring sosial, sedangkan belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

"Kepada masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ucap Bambang.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close