GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Debat Capres Ketiga Gunakan Satu Mic, KPU: Agar Peserta Tidak Keluar Podium

Debat Capres Ketiga Gunakan Satu Mic, KPU: Agar Peserta Tidak Keluar Podium
Pada debat capres ketiga 7 Januari 2024 mendatang, para peserta hanya akan diberi 1 mic yang disediakan pada podium. (Dok. KPU RI)

PEWARTA, POLITIK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan peraturan baru dalam debat Calon Presiden (capres) ketiga mendatang.

Nantinya para capres hanya akan menggunakan satu mikrofon (mic) yang sudah terpasang pada podium yang disediakan.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota KPU RI, August Mellaz, usai rapat evaluasi yang dilakukan KPU dengan tim sukses masing-masing calon pada Rabu (27/12/2023).

"Pada saat rapat tadi tadi disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Dia posisinya emang seperti jangkar. dan yang kedua, mikrofonnya satu saja. jadi tetap di podium. Jadi asumsinya ruang geraknya di podium itu saja," kata August dikutip Okezone.com.

August menjelaskan, ketiga capres akan menggunakan satu mic dengan tujuan agar para peserta debat tidak keluar dari podium yang telah disediakan.

"Kalau kami menyatakan itu pakai mic yang dipasang di podium. Tiga podium dengan 1 microphone, jadi ya jangkarnya di podium," imbuhnya.

Sebelumnya, pada debat capres dan cawapres KPU RI menggunakan tiga jenis mikrofon untuk para peserta debat, yakni skintone, clip on, dan mikrofon handheld atau mikrofon yang digenggam.

August mengatakan, penggunaan tiga jenis mikrofon tersebut sempat menimbulkan polemik, karena dinilai dapat dimanfaatkan oleh peserta debat untuk keluar dari podium dan mendekati peserta debat lainnya.

"Itu sempat jadi polemik, karena dianggap bisa dimanfaatkan untuk keluar dari podium. Nah, untuk mengatasi itu, makanya kita putuskan pakai satu mikrofon yang terpasang di podium," tuturnya.

Debat capres ketiga akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024 mendatang, yang mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Ketiga capres akan berdebat sesuai dengan tema yang sudah ditentukan yaitu isu pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close