GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

ITS Surabaya Mulai Produksi EVITS, Sepeda Motor Listrik Ramah Lingkungan

ITS Surabaya Mulai Produksi EVITS, Sepeda Motor Listrik Ramah Lingkungan
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kiri) saat mengendarai sepeda motor listrik EVITS TS-1. (Dok. its.ac.id)

PEWARTA, PENDIDIKAN - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meresmikan produksi perdana sepeda motor listrik EVITS pada Kamis (21/12/2023). Langkah ini merupakan wujud komitmen ITS dalam memberikan solusi energi yang bersih dan ramah lingkungan di Indonesia.

Produksi EVITS dilakukan oleh PT ITS Tekno Sains, sebuah perusahaan patungan antara ITS dan PT Panggung Electric Citrabuana. Kerjasama ini penting dilakukan, sebab tugas perguruan tinggi saat ini tidak lagi sebatas mengajar, tetapi juga mengimplementasikan karya inovasinya menjadi produk komersial.

"Perguruan tinggi juga perlu memberikan nilai ekonomi bagi seluruh pihak, termasuk masyarakat," kata Rektor ITS Prof Mochamad Ashari.

Sementara itu, Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta mengatakan, pihaknya bersama PT Panggung Electric Citrabuana telah melakukan riset selama hampir satu tahun untuk menghasilkan EVITS yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

"Kami ingin menciptakan produk yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga nyaman dan terjangkau," ujar Gunarta.

Dari hasil riset tersebut, lahirlah EVITS TS-1, generasi pertama dari sepeda motor listrik ITS. EVITS TS-1 memiliki desain yang ergonomis dan kemampuan akselerasi yang baik. Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi baterai yang mampu bertahan hingga 60 kilometer.

"EVITS TS-1 dibanderol dengan harga Rp 25 juta," kata Gunarta.

Selain EVITS TS-1, ITS juga tengah mengembangkan tiga tipe motor listrik lainnya. Ketiganya kini sudah memasuki tahap pengembangan awal dan direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2024.

"Kami berharap kerja sama ini dapat berdampak baik bagi nusa, bangsa, serta kita semua," kata Direktur PT Panggung Electric Citrabuana Win Winarjadi.

Dengan diproduksinya EVITS, ITS Surabaya telah membuktikan komitmennya dalam mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan. Selain itu, produk ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi yang terjangkau dan nyaman bagi masyarakat Indonesia.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close