GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres Terbaru Januari 2024 Versi Charta Politika, Siapa Unggul?

Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres Terbaru Januari 2024 Versi Charta Politika, Siapa Unggul?
Elektabilitas capres Pilpres 2024 sementara melalui hasil survei terbaru Charta Politika pada Januari 2024.

PEWARTA, POLITIK - Survei terbaru lembaga survei Charta Politika menunjukkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul dibanding pasangan lainnya.

Survei dilakukan pada 4-11 Januari 2024 terhadap 1.220 responden menggunakan metode wawancara langsung atau tatap muka.

Populasi survei adalah warga negara yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei ±2,82%. Quality control 20% dari total sampel.

Berdasarkan hasil survei, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 42,2%. Angka ini unggul dari elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebesar 28% dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 26,7%.

"Prabowo-Gibran unggul di hampir semua wilayah, kecuali Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta," kata peneliti utama Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam rilis resmi sebagaimana dilansir dari Kawal Berita, Senin (22/1/2024).

Yunarto mengatakan, keunggulan Prabowo-Gibran didorong oleh faktor sosok Prabowo yang populer dan didukung oleh partai politik besar, yakni Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Selain itu, Gibran juga memiliki latar belakang sebagai pengusaha muda yang sukses.

"Prabowo memiliki elektabilitas yang stabil dan didukung oleh partai politik yang besar. Gibran juga memiliki latar belakang sebagai pengusaha muda yang sukses," kata Yunarto.

Dalam kesempatan terpisah, Prabowo mengatakan, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan perubahan.

Karenanya Prabowo berjanji akan membawa perubahan yang lebih baik jika terpilih menjadi presiden.

"Hasil survei ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan perubahan. Saya akan membawa perubahan yang lebih baik jika terpilih menjadi presiden," kata Prabowo.

Sementara itu, Ganjar Pranowo, pasangan calon presiden yang menempati urutan kedua dalam survei tersebut mengatakan, hasil survei tersebut masih jauh dari hari pemungutan suara.

Dengan dasar itu, Ganjar berjanji akan terus bekerja keras untuk meningkatkan elektabilitasnya.

"Hasil survei ini masih jauh dari hari pemungutan suara. Saya akan terus bekerja keras untuk meningkatkan elektabilitas saya," kata Ganjar.

Sedangkan, Anies Baswedan, pasangan calon presiden yang menempati urutan ketiga dalam survei tersebut mengatakan, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa persaingan Pilpres 2024 masih sangat ketat.

Untuk itu Anies berjanji akan terus menyampaikan visi dan misinya kepada masyarakat sehingga dapat diterima secara luas yang diharapkan dapat mengatrol elektabilitasnya.

"Hasil survei ini menunjukkan bahwa persaingan Pilpres 2024 masih sangat ketat. Saya akan terus menyampaikan visi dan misi saya kepada masyarakat," kata Anies.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close