GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Kabar Baik! Trenggalek Bakal Punya Bus Angkutan Umum dengan Rute JLS, Upaya Eksplorasi Wisata

Kabar Baik! Trenggalek Bakal Punya Bus Angkutan Umum dengan Rute JLS, Upaya Eksplorasi Wisata
Jalur Lintas Selatan (JLS) Trenggalek, Jawa Timur.

PEWARTA, TRANSPORTASI - Ada kabar baik bagi warga Trenggalek dan para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan daerah tersebut.

Tidak lama lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek akan meluncurkan layanan bus angkutan umum yang terhubung dengan destinasi pariwisata di Jalur Lintas Selatan (JLS).

Sebelumnya, Trenggalek tidak memiliki jalur angkutan umum yang mengarah ke lokasi-lokasi wisata, sebuah kekurangan yang diakui oleh Pemkab Trenggalek sehingga perlu diperbaiki.

Ditambah lagi, sebentar lagi Bandara Dhoho Kediri juga akan beroperasi, tentunya berpotensi memberikan dampak signifikan terhadap daerah di sekitarnya, khususnya Trenggalek.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, rute bus wisata Trenggalek ini sangat penting sebagai penguatan konektivitas angkutan pariwisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

"Salah satu fokus utama adalah menciptakan mobilitas yang modern dan nyaman, serta tepat waktu." kata Arifin, Jumat (19/1/2024).

Sebagai bagian dari strategi peningkatan aksesibilitas pariwisata, Trenggalek merencanakan pengoperasian bus pariwisata dengan dua rute utama, yaitu Pasar Pon-Durenan-Prigi dan Pasar Pon-Dongko-Panggul.

Kedua rute tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas modern seperti halte berbasis green transportation, Solar Cell, Wifi, Tapping Water, Digital Information, Cash Station, Garden Vertikal Rooftop, dan Built-in Speaker.

"Kami menyebutnya sebagai strategic mapping, yang akan segera kami implementasikan. Semua ide ini sangat inovatif. Kami telah mulai mencari dukungan CSR dan berkolaborasi dengan komunitas," ujarnya.

Dari dua rute yang direncanakan, akan ada titik simpul di masing-masingnya untuk memudahkan para wisatawan menikmati keindahan Trenggalek.

Titik simpul untuk rute Pasar Pon-Durenan-Prigi akan berada di Prigi 360, dengan fasilitas penurunan dan penungguan kendaraan umum yang disediakan.

Sementara itu, titik simpul untuk rute Pasar Pon-Dongko-Panggul terletak di halte Jembatan Nglebeng.

"Bersamaan dengan titik simpul ini, kami akan menyediakan angkutan feeder wisata dan sepeda gratis yang didanai oleh pemerintah. Semoga ini dapat memudahkan mobilitas pengunjung wisata ke berbagai destinasi di Trenggalek," harapnya.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close