GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

RESMI! Harga BBM Pertamina Tidak Berubah di Februari 2024

RESMI! Harga BBM Pertamina Tidak Berubah di Februari 2024
Ilustrasi. SPBU Pertamina.

PEWARTA, EKONOMI - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, Pertamina Patra Niaga, mengumumkan bahwa harga BBM tidak berubah di Februari 2024 ini.

Pertamina Patra Niaga memutuskan bahwa tidak ada penyesuaian harga jual BBM nonsubsidi meski telah ramai jadi pembahasan sebelumnya.

Keputusan ini diambil setelah melakukan evaluasi terhadap harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS) dan nilai tukar mata uang Rupiah pada periode 25 Desember 2023 hingga 24 Januari 2024.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan, keputusan tidak menyesuaikan harga BBM nonsubsidi telah melalui evaluasi berkala, mengacu formula penetapan harga sesuai Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022.

"Harga BBM nonsubsidi memang sesuatu yang dievaluasi berkala, penyesuaian harga naik, penyesuaian harga turun, maupun harga tetap dipertimbangkan seluruh badan usaha sesuai regulasi yang berlaku," terang Irto dalam keterangan tertulis, Rabu (31/1/2024).

Menurut Irto, keputusan untuk tidak adanya penyesuaian harga BBM nonsubsidi ini merupakan wujud komitmen Pertamina untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan BBM bagi masyarakat.

"Ini adalah wujud penyaluran dan penyediaan BBM berdasarkan prinsip Availability, Accessibility, Affordability, Acceptability dan Sustainability," ujar Irto.

Dikutip dari laman resmi Pertamina, berikut daftar harga BBM Pertamina Februari 2024 untuk wilayah Jabodetabek:

  • Pertalite: Rp 10.000 per liter
  • Pertamax: Rp 12.950 per liter
  • Pertamax Green 95: Rp 13.900 per liter
  • Pertamax Turbo: Rp 14.400 per liter
  • Dexlite: Rp 14.550 per liter
  • Pertamina Dex: Rp 15.100 per liter

Keputusan Pertamina untuk tidak menyesuaikan harga BBM nonsubsidi ini disambut positif oleh masyarakat.

Sekali lagi, harga di atas berlaku untuk wilayah Jabodetabek, yang artinya mungkin ada sedikit perbedaan untuk wilayah lain di Indonesia secara keseluruhan.

Meski begitu, Pertamina memastikan bahwa harga BBM per 1 Februari 2024 tidak mengalami perubahan dengan periode sebelumnya.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close