GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Banyak Politisi Senior Tumbang di Pemilu 2024, Anak Muda Justru Berjaya

Banyak Politisi Senior Tumbang di Pemilu 2024, Anak Muda Justru Berjaya
Politisi muda PKB,Zainul Munasichin mengungkap alasan banyak politisi senior kalah sama anak muda di Pemilu 2024. (Dok. Youtube/Kim Lengkong Bagja)

JAKARTA, PEWARTA - Pemilu 2024 meninggalkan cerita menarik, utamanya terkait hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) yang menjadi momen penting bagi generasi muda Indonesia.

Pasalnya, banyak politisi senior yang harus mengakui kekalahan mereka di tangan para politisi muda yang energik dan inovatif.

"Banyak politisi senior tumbang di 2024, kalah sama anak-anak muda," kata Zainul Munasichin, politisi muda PKB, dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk "Nanti Kita Cerita Tentang Anak Muda di Parlemen", Sabtu (9/3/2024).

Zainul mengamati bahwa partisipasi politisi muda dalam Pileg 2024 mengalami peningkatan signifikan.

Hampir semua partai politik, seperti PKB, PDIP, dan Golkar, memberikan ruang yang lebih besar bagi para politisi muda untuk bertarung di arena politik.

"Kenapa? Karena semua partai politik memahami 2024 itu jumlah pemilih usia muda kan paling besar, diatas 50 persen. Jadi sangat wajar 2024 semua parpol menempatkan caleg-caleg muda di hampir semua dapil yang mereka punya," jelas Zainul.

Meskipun pengetahuan politik politisi muda masih tergolong minim, mereka mampu memahami dinamika sosial yang berkembang di masyarakat.

Kemampuan mereka dalam menangkap aspirasi dan merancang strategi politik yang inovatif menjadi kunci kemenangan mereka di Pileg 2024.

"Mereka bisa menangkap apa istilahnya aspirasi-aspirasi yang diharapkan dititipkan kepada mereka. Termasuk ke dalam situasi pemilu yang sangat pragmatis di 2024, itu saya melihat banyak anak muda kita yang berhasil keluar jadi pemenang. Karena terobosan-terobosan, inovasi dalam istilahnya strategi-strategi politiknya ini yang menarik di 2024," ungkap Zainul.

Fenomena tumbangnya banyak politisi senior oleh politisi muda ini menandakan pergeseran paradigma dalam dunia politik Indonesia.

Menurutnya, generasi muda dengan ide-ide segar dan strategi inovatif mereka lebih dianggap siap untuk mengambil alih kepemimpinan dan membawa perubahan positif bagi bangsa.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close