GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Gelar Media Gathering, KPU Batu Ajak Wartawan Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Gelar Media Gathering, KPU Batu Ajak Wartawan Sukseskan Pilkada Serentak 2024
Momen foto bersama jajaran KPU Batu dengan awak media yang hadir dalam kegiatan gathering. (Dok. Pewarta Jatim)

BATU, PEWARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur, menggelar media gathering pada Selasa (14/5/2024).

Acara yang diselenggarakan di Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu itu mengangkat tema "Bersama Sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024".

Turut hadir dalam acara di antaranya Ketua KPU Batu, Heru Joko Purwanto, Sekretaris KPU Kota Batu, Rudi Gumilar, Komisioner KPU Kota Batu Divisi Sosialisasi, Marlina, dan budayawan Kota Batu sekaligus wartawan senior Slamet Hendro Kusumo.

Selain itu nampak sejumlah awak media dari berbagai wilayah di Malang Raya ikut menambah kehangatan acara yang digelar lebih kurang selama dua jam itu.

Ketua KPU Batu dalam sambutannya menjelaskan, sinergitas KPU Batu dengan media dirasa penting demi menyukseskan Pilkada Serentak 2024 di mana Batu akan melakukan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir, khususnya teman media yang telah berperan aktif dalam mensukseskan Pilkada 2024," kata Heru.

Lebih lanjut, kata Heru, media juga berperan pada meningkatnya partisipasi pemilih masyarakat Batu sebesar 28 persen pada Pemilu 2024 lalu melalui pemberitaan positif terkait kegiatan KPU Batu.

"Peran aktif media sebagai garda terdepan sangat penting dalam memberikan pembelajaran politik bagi masyarakat, sehingga mereka tergerak untuk menyalurkan suaranya," ujarnya.

"Saya berharap penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kota Batu menjadi yang terbaik dan berbeda dengan kota lain," harapnya.

Sementara itu, Slamet Hendro Kusumo yang didapuk sebagai narasumber juga menyampaikan pandangannya soal tema pemberitaan yang ideal bagi kontestasi daerah.

Menurutnya, wartawan diharapkan tak hanya mengangkat profil tokohnya saja, tetapi juga menggali lebih dalam terkait alasan pencalonan dan hingga program yang sudah seharusnya diketahui calon pemilih.

"Misalnya kenapa mencalonkan menjadi Walikota Batu dan hal lain yang blm terkuak suptansi tokoh dalam rangka pencalonannya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Marlina selaku Komisioner KPU Batu Divisi Sosdiklih, Parmas, SDM, menjelaskan sejumlah tahapan menuju Pilwalkot Batu 2024.

"Pada 27 agustus sampai 29 adalah pendaftaran dan pada 22 September dilakukan penetapan calon , sebelumnya tanggal 25 November dilakukan kampanye,dilanjut 27 November 2024 dilakukan coblosan," jelas dia.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close