GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Oleh-oleh khas Ponorogo yang Cocok Dibawa Pulang, Sudah Pernah Beli?

Oleh-oleh khas Ponorogo yang Cocok Dibawa Pulang, Sudah Pernah Beli?
Oleh-oleh khas Ponorogo (Dok. Ist)


Pewarta.co.id - Ketika mendengar nama Ponorogo, banyak dari kita pasti langsung teringat dengan tari Reog yang memukau. 

Namun, ternyata Kota Ponorogo memiliki banyak hal menarik lainnya selain Reog, seperti banyaknya pondok pesantren yang berada di sana dan berbagai wisata, baik wisata religi, alam, kesenian, hingga kuliner yang enak.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Ponorogo yang Cukup Populer 

Jika Anda mengunjungi Ponorogo, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Kota ini terkenal dengan beragam kuliner dan souvenir khasnya. Berikut adalah 5 jenis oleh-oleh khas Ponorogo yang wajib dibawa pulang:

1. Jenang Mirah

Terbuat dari tepung ketan, santan kelapa, dan gula Jawa, jajanan ini renyah dan manis. Cocok untuk diberikan kepada orang tua sebagai oleh-oleh. 

Bisa didapatkan di sentra oleh-oleh Ponorogo dengan harga sekitar Rp15.000. Secara umum, jenang digunakan dalam acara adat pernikahan sehingga keberadaannya populer bagi masyarakat Ponorogo.

2. Thoring 

Camilan khas Kabupaten Ponorogo yang terbuat dari tepung singkong dan rempah-rempah. 

Meskipun dijuluki Thoring, rasanya seperti Letho yang biasa dibuat basah. Harganya sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000.

Rasanya yang cukup renyah, membuat oleh-oleh ini dapat tahan lama. Hal inilah yang membuat Thoring sering dipilih oleh para wisatawan dari luar kota.

3. Bumbu Rujak Petis Welirang 

Pedas dan gurih, bumbu ini cocok untuk Anda yang suka makanan pedas. Bumbunya bisa dibeli di toko oleh-oleh khas Ponorogo, sedangkan sayurannya seperti tahu, tempe, kangkung, tauge, kol, buncis, mentimun bisa dicari di pasar.

Meskipun terlihat sederhana, namun bumbu rujak petis khas Ponorogo memiliki daya tarik kuat. Bahkan rujak petis kaya Ponorogo diminati banyak orang.

4. Madu Mongso

Jajanan istimewa yang pernah hanya disajikan untuk para raja. Terbuat dari ketan hitam yang difermentasi dan dimasak dalam waktu yang lama. 

Uniknya, jajanan ini dibungkus dalam bungkus warna-warni. Kamu bisa mendapatkannya di sentra oleh-oleh Ponorogo.

5. Getuk Golan

Terbuat dari singkong yang dikukus, diberikan gula Jawa, dan disajikan bersama ketan hitam, kelapa parut, dan gula Jawa. 

Kamu bisa mencoba membelinya dari Getuk Golan Mbok Bon dengan harga tidak lebih dari Rp5000.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Ponorogo yang dapat dibawa pulang ke ruamh. Terlebih oleh-oleh tersebut mudah ditemukan dan harganya murah. 

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter