GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Rekomendasi Olahraga untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya, Lakukan Biar Lahiran Lancar!

Ibu hamil sedang olahraga
Ibu hamil sedang olahraga 
( Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID  - Olahraga sangat penting, terutama bagi ibu hamil. Meskipun terkadang sulit untuk merasa termotivasi untuk berolahraga, tetapi berolahraga sebelum dan selama kehamilan dapat memberikan banyak manfaat baik untuk ibu maupun bayinya.

Olahraga selama kehamilan sangatlah penting, baik untuk kesehatan ibu maupun janin yang sedang tumbuh dalam kandungan. 

Olahraga membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta dapat membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Ragam Olahraga untuk Ibu Hamil yang direkomendasikan

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan olahraga selama kehamilan:

1. Senam

Senam selama kehamilan dapat membantu memperkuat otot tubuh dan mempersiapkan ibu hamil untuk persalinan. 

Senam ringan, seperti senam hamil atau prenatal dance, dapat membantu mempertahankan keseimbangan dan meningkatkan fleksibilitas.

Namun, penting untuk menghindari gerakan-gerakan yang berbahaya, terutama mendadak dan dengan gerakan melompat. Selain itu, hindari juga gerakan yang dapat meningkatkan risiko jatuh dan terhindar dari melakukan gerakan yang terlalu ekstrem.

2. Joging

Joging selama kehamilan dapat mengurangi risiko obesitas, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan stamina dan ketahanan, serta membantu meningkatkan suasana hati.

Penting untuk memulai dengan joging yang termasuk latihan ringan dan memperhatikan tanda-tanda tubuh. 

Jika merasakan sakit atau tidak nyaman pada kaki, terutama saat berlari, segera hentikan latihan.

3. Yoga

Yoga selama kehamilan dapat membantu ibu hamil mengurangi stres, meningkatkan keseimbangan tubuh, meningkatkan fleksibilitas, serta membantu memperkuat otot inti tubuh.

Namun, ibu hamil perlu memilih jenis yoga yang sesuai dengan kondisi kehamilannya dan menghindari gerakan-gerakan yang berbahaya atau terlalu mengencangkan otot perut.

Selama berolahraga, ibu hamil harus tetap memperhatikan kebutuhan tubuh dan berhenti jika merasakan ketidaknyamanan atau sakit. 

Secara keseluruhan, olahraga seperti senam, joging, dan yoga dapat membantu ibu hamil merasa lebih sehat dan bahagia selama kehamilan. 

Ragam Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Manfaat olahraga bagi ibu hamil antara lain meliputi hal-hal berikut ini:

  • Membantu menjaga gestational diabetes 
  • Meningkatkan kesehatan hati 
  • Membantu mengontrol berat badan .

Namun, penting bagi ibu hamil untuk berbicara dengan dokter sebelum memulai program latihan apa pun. 

Setiap kehamilan adalah unik dan konsultasi dengan dokter sangat penting sebagai panduan latihan yang aman dan menyehatkan.

Tetap ingat bahwa selama kehamilan, tubuh ibu hamil mengalami banyak perubahan, jadi penting untuk memperhatikan tanda-tanda tubuh Anda.

Jika merasakan sakit, pusing, atau lelah yang tidak biasa, segera hentikan latihan dan segera temui dokter.

Jangan lupa untuk selalu memakai pakaian yang sesuai dan nyaman serta minum banyak air untuk tetap terhidrasi!

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter