GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Taman Nasional Wakatobi, Surganya Wisata Bawah Laut bagi Pecinta Snorkeling

 

Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi 
( Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Taman Nasional Wakatobi adalah tempat konservasi alam yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Pembentukan Taman Nasional Wakatobi dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri Khutanan Nomor 7661/KPTS-II/2002 pada tanggal 19 Agustus 2002. 

Sejarah Singkat Taman Nasional Wakatobi 

Pada awalnya, wilayah Wakatobi telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi laut melalui survei yang dilakukan oleh Dirjen Kehutanan dan Konservasi Alam

Hasil dari survei tersebut menunjukkan bahwa Wakatobi memiliki sumber daya laut yang sangat melimpah, termasuk di dalamnya terumbu karang, beraneka jenis ikan, serta habitat yang bervariasi, sehingga memunculkan layar laut yang indah.

Taman Nasional Wakatobi sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Wakatobi. Namun, setelah diubah menjadi taman nasional pada Juli 1996, ia resmi dikenal sebagai Taman Nasional Wakatobi pada tanggal 9 Agustus 2002. Taman Nasional ini tidak hanya menitikberatkan perlindungan terhadap habitat laut, melainkan juga darat.

Pesona Bawah Laut Memikat dari Kepulauan Taman Nasional Wakatobi 

Taman Nasional Wakatobi menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa yang sesuai untuk para wisatawan yang menggemari kegiatan di bawah air, seperti menyelam, snorkeling, dan juga berenang untuk melihat gugusan terumbu karang dan fauna laut yang menawan. 

Beberapa pulau utama di Kepulauan Wakatobi sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, di antaranya:

1.Pulau Wangi-Wangi 

Pulau Wangi-Wangi merupakan gerbang pertama untuk menjelajahi keindahan Taman Nasional Wakatobi. 

Di pulau ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit di sekitar horizon sementara lumba-lumba berenang mengelilingi perahu. 

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Desa Tradisional Liya Togo yang berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat pulau. Di desa ini, terdapat berbagai bangunan rumah berbahan kayu dan juga tradisi turun temurun dari era kerajaan Liya, termasuk benteng-benteng tua.

2. Pulau Tomia 

Selama sekitar 10 tahun terakhir, Pulau Tomia telah menjadi tujuan wisata utama bagi para pecinta selam. Terdapat kurang lebih 40 situs selam di Pulau Tomia yang sudah diberi nama dan dipetakan. 

Salah satu terumbu karang yang menantang tetapi sekaligus cantik yang kerap menarik perhatian yaitu terumbu karang Roma, yang diambil dari salah satu kota terbesar di Italia.

3. Pulau Kaledupa 

Pulau Kaledupa ini dikelilingi oleh hutan mangrove dan pohon kelapa yang menciptakan suasana yang damai dan nyaman dengan hamparan pasir putih dan suara ombak yang menenangkan, membuatnya menjadi tempat kunjungan yang ideal untuk akhir pekan.

Bagi pengunjung yang ingin melihat sunset ataupun sunrise sangat cocok jika mengunjungi pulau ini. 

Bagaimana sudah ada gambaran untuk liburan ke taman nasional Wakatobi?

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter