GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Terlihat Elegan, Ini 5 Tips Memilih Baju Batik agar Stylish

Baju batik berbagai motif
Baju batik berbagai motif 
( Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID  - Tips memilih baju batik banyak diterpakan oleh pria atau wanita. 

Pasalnya penggunaan baju tersebut mempengaruhi penampilan sehingga tips memilih baju batik wajib diterapkan. 

Ragam Tips Memilih Baju Batik Paling Simpel

Berikut ini deretan tips memilih baju batik yang bisa diterpakan oleh pria ataupun wanita:

1. Ukuran Batik

Saat membeli atau mengenakan koleksi batik, sebaiknya pilih batik yang pas sesuai dengan bentuk tubuh Anda, bukan terlalu ketat ataupun terlalu longgar. 

Hal ini dikarenakan batik biasanya dipakai dengan baju yang dikeluarkan, bukan dimasukan di dalam celana. Pastikan ukuran batik Anda sesuai agar penampilan Anda terlihat maksimal dan elegan.

2. Bahan Batik

Kualitas sebuah batik ditentukan oleh bahan kain dan cara membuatnya. Bahan kain batik bervariasi dari sutra hingga katun biasa. Sutra lebih nyaman dipakai tetapi harganya lebih tinggi dibandingkan dengan bahan biasa. 

Untuk kesempatan santai, pilihlah batik yang terbuat dari katun atau campuran silk dan katun. Batik berbahan katun lebih dingin dan menyerap keringat serta memiliki kesan santai dan model yang sederhana. Sedangkan untuk acara formal, batik bermaterial sifon atau silk cocok dipakai.

3. Warna Batik

Pilihlah warna batik yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri dan sesuaikan dengan pakaian lainnya. Warna gelap atau terang tergantung pada pilihan pribadi. 

Warna cerah cocok dipakai untuk acara kasual seperti merah, kuning, atau ungu. Sedangkan untuk acara formal, pilihlah warna yang lebih gelap atau monokrom seperti hitam atau putih.

4. Motif Batik

Pastikan perpaduan warna motif batik dengan warna dasar batik sesuai dan serasi. Pilihlah motif batik sesuai dengan bentuk tubuh Anda. 

Batik dengan motif geometris yang berukuran sedang cocok bagi mereka yang memiliki tubuh besar. Sedangkan batik dengan motif geometris berukuran sedang cocok untuk mereka yang memiliki tubuh mungil.

5. Batik Casual atau Formal

Tentukan apakah batik yang akan dibeli untuk acara formal, semi formal, atau casual. Batik dengan corak fauna dan flora cocok digunakan untuk acara kasual, sedangkan batik dengan motif yang lebih sederhana cocok untuk acara formal. 

Pilihlah busana berpotongan simpel dengan aplikasi atau detail menarik untuk gaya kasual. Pilihlah batik yang terbuat dari katun agar nyaman dipakai untuk busana kasual.

Lakukan percobaan untuk mendapatkan batik impian yang elegan.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter