Iklan -- Scroll untuk lanjut membaca
Advertisement

Jadi Mie Instan Nomor Satu di Indonesia, Ini Dia Sejarah Indomie

Jadi Mie Instan Nomor Satu di Indonesia, Ini Dia Sejarah Indomie
Produk dari Indomie (Dok. Ist)


Pewarta.co.id Indomie, sebuah merek mie instan yang sangat populer di Indonesia, memiliki sejarah yang sangat panjang. 

Merek ini didirikan oleh Djajadi Djaja bersama rekan-rekannya pada tahun 1970, dan mulai memperkenalkan produk Indomie pada tahun 1972. 

Pada saat itu, Indomie merupakan produk mie instan kedua yang diluncurkan di Indonesia setelah Supermi yang dirilis pada tahun yang sama.

Saat pertama kali diperkenalkan, Indomie hanya menawarkan satu varian rasa, yaitu Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam. 

Merek ini langsung laris di pasaran dan berhasil meraih popularitas yang cukup tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. 

Tak lama kemudian, Indomie juga meluncurkan beberapa varian rasa yang lain seperti Indomie Goreng dan Indomie Kuah Rasa Soto Mie.

Namun, di balik kesuksesan Indomie ada kisah perjuangan yang cukup panjang. Pada tahun 1982, Salim Group memasuki bisnis mie instan dengan memperkenalkan merek Sarimi. 

Pada saat itu, Salim Group menawarkan bekerja sama dengan Indomie namun Djajadi menolak tawaran tersebut. 

Hal ini membuat Salim Group untuk semakin gencar mempromosikan produk Sarimi hingga meraih pasar yang cukup besar.

Melihat hal tersebut, Djajadi akhirnya melunak dan menerima tawaran kerja sama dari Salim Group pada tahun 1984. 

Keduanya sepakat untuk membentuk perusahaan patungan yang diberi nama PT Indofood Interna Corporation. 

Melalui kekuasaan Indofood, Indomie semakin berkembang dan mulai memproduksi banyak sekali varian yang berbeda, dari varian biasa, varian daerah, varian khusus seperti mi keriting dan mi siram, dan masih banyak lagi.

Pasca tahun 1992, Djajadi sudah tidak lagi memiliki saham di pabrik Indomie. Pada tahun 1994, PT Indofood Interna dan PT Sanmaru digabung menjadi perusahaan baru yang dikenal dengan nama PT Indofood Sukses Makmur Tbk. 

Di bawah kekuasaan Indofood inilah, Indomie semakin meluas dan menjadi merek mie instan nomor satu di Indonesia. 

Bahkan, produk mereka juga banyak diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia, seperti Nigeria dan Arab Saudi.

Hingga saat ini, Indomie tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia sebagai mie instan favorit. 

Produk mereka cukup beragam, baik dari sisi rasa maupun kemasan. Selain itu, menjadi merek internasional juga memberikan kebanggaan tersendiri bagi merek ini. 

Itulah sejarah singkat Indomie yang telah menginspirasi berbagai macam merek mie instan lainnya.