GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Jadi Salah Satu Sekolah Favorit, Ini Dia Cara Daftar PPDB SMK PGRI 1 Ponorogo

Jadi Salah Satu Sekolah Favorit, Ini Dia Cara Daftar PPDB SMK PGRI 1 Ponorogo
PPDB SMK (Dok. Ist)


Pewarta.co.id SMK PGRI 1 Ponorogo merupakan salah satu sekolah swasta yang terdapat di kabupaten Ponorogo. Dimana sekolah ini menyediakan beberapa program jurusan yang bisa dipilih sesuai minat.

Sama halnya dengan sekolah SMA/SMK lainnya peminat SMK PGRI 1 Ponorogo cukup banyak. Bahkan hingga saat ini proses Penerimaan Peserta Didik Baru masih dibuka.

Bagi calon peserta didik baru yang akan mendaftarkan diri di SMK PGRI 1 Ponorogo masih bisa melakukan pendaftaran hingga 13 Juli 2024.

Tata Cara Daftar PPDB SMK PGRI 1 Ponorogo 

Di sekolah ini, peserta didik bisa memilih jurusan yang memiliki prospek kerja luas seperti Akuntansi Keuangan, Bisnis Digital, Desain Komunikasi Visual dan Manajemen Perkantoran. Berikut cara daftar PPDB SMK PGRI 1 Ponorogo, yakni:

1. Mengisi formulir di ppdb.smkpgri1po.sch.id dan lengkapi data dengan sebenar-benarnya (pastikan mengisi email aktif untuk mengunduh Bukti Pengisian Formulir).

2. Lakukan Pembayaran Biaya Daftar Ulang baik online ataupun offline 

3. Siapkan berkas pendaftaran seperti Fotocopy Akta Kelahiran, Ijazah SD/SKL, KK, KIS/KIP (Bagi yang memiliki) dan pas foto warna ukuran 3 x 4. 

4. Lakukan pengambilan seragam pada jam operasional.

Kelebihan SMK yang Tidak Terdapat di SMA

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah dua jenjang pendidikan setingkat menengah yang berbeda tujuan. 

SMA lebih mengutamakan pembelajaran teori dengan sedikit praktik, sedangkan SMK lebih fokus pada praktik vokasi dan mengutamakan keterampilan di bidang-bidang tertentu seperti otomotif, teknologi informasi, kecantikan, kuliner, dan lain-lain.

Meski keduanya setara, ada beberapa kelebihan yang dimiliki SMK dan tidak dimiliki oleh SMA seperti:

1. Fokus pada Keahlian Praktis

Pertama, SMK lebih fokus pada keahlian praktis. Walaupun waktu belajar siswa SMK dan SMA sama, pendekatan pembelajaran SMK lebih terfokus pada pengembangan keahlian keterampilan yang spesifik di bidang tertentu. 

Hal ini membuat lulusan SMK lebih siap untuk terjun ke lapangan pekerjaan setelah lulus.

2. Program Magang dan Kerja Praktik

Kedua, SMK memiliki program magang dan kerja praktik yang tidak dimiliki oleh SMA. Program magang dan kerja praktik menjadi kurikulum wajib yang harus dilaksanakan peserta didik di SMK. 

Hal ini memberikan kesempatan siswa SMK untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja sebenarnya, memperluas jaringan, dan menerapkan keterampilan yang mereka pelajari di sekolah.

3. Terdapat Koneksi dengan Dunia Industri 

Kelebihan lain dari SMK adalah koneksi dengan dunia industri. SMK memiliki kerjasama yang erat dengan industri terkait sehingga siswa memiliki akses ke sumber daya, teknologi, dan pengetahuan terbaru dalam industri yang sesuai dengan jurusannya. 

Koneksi ini membantu siswa memahami perkembangan terbaru dalam bidang keahlian mereka dan membentuk pandangan yang realistis tentang dunia kerja.

4. Terdapat Pelatihan Keterampilan 

Pelatihan keterampilan melalui pembelajaran praktik, magang, dan kerja praktik membuat lulusan SMK memiliki peluang untuk langsung memasuki dunia kerja dalam bidang yang mereka pelajari. 

Terjun langsung ke dunia kerja memberikan kesempatan karir yang lebih cepat kepada para lulusan SMK. 

Berbagai program keahlian yang ditawarkan juga membantu siswa SMK menjelajahi berbagai karir yang mungkin tidak bisa ditemukan di lingkungan pendidikan SMA.

5. Peluang Membuka Usaha Kian Terbuka Lebar

Selain itu, peluang untuk membuka usaha bagi lulusan SMK juga lebih mudah karena mereka telah mendapatkan bekal keterampilan untuk membuka usaha sendiri. Bekal keterampilan akan memberikan keunggulan pada lulusan SMK.

6. Bisa Melanjutkan ke Jenjang Pendidikan Perguruan Tinggi

Meski SMK dipersiapkan untuk langsung bekerja setelah lulus, tetapi mereka juga masih bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi. 

Banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan untuk lulusan SMK dan berkuliah memberikan kesempatan bagi lulusan SMK untuk semakin mengasah keterampilannya.

Dalam memilih antara SMA dan SMK, kita perlu mempertimbangkan tujuan akhir kita. Jika tujuan kita langsung terjun ke dunia kerja dan mempersiapkan keterampilan yang dibutuhkan, SMK bisa menjadi alternatif yang menarik. 

Namun, jika tujuan kita melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, SMA bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Advertisement
Advertisement

Advertisement

Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.