Access by KAI Hadirkan Fitur Kursi Khusus Perempuan, Bikin Perjalanan Makin Nyaman dan Aman
![]() |
Calon penumpang akan memesan tiket kereta api melalui aplikasi Access by KAI. (Dok. ANTARA). |
PEWARTA.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan inovasi dalam pelayanan digital melalui aplikasi pemesanan tiket Access by KAI. Kini, aplikasi tersebut telah dilengkapi dengan fitur pilih kursi khusus bagi perempuan, yang bertujuan meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi penumpang wanita saat bepergian.
Fitur ini memungkinkan pengguna perempuan memilih kursi yang memang diperuntukkan secara khusus bagi kaum hawa selama proses pemesanan tiket, sehingga mereka bisa merasa lebih tenang selama perjalanan.
“Inovasi-inovasi akan terus kami kembangkan untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, di Jakarta, Sabtu (24/5/2025).
Selain menghadirkan fitur ramah perempuan, Access by KAI juga mempermudah proses pembayaran tiket secara digital. Tiket yang telah dibeli langsung bisa diakses melalui aplikasi tanpa perlu dicetak, sehingga mendukung gaya hidup paperless dan berkontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan.
Transformasi digital ini turut mencerminkan komitmen KAI dalam menyajikan layanan transportasi modern, efisien, dan berkelanjutan.
KAI juga telah menerapkan sistem pengenalan wajah (face recognition) di 21 stasiun utama. Fitur ini memungkinkan penumpang masuk ke area boarding hanya dengan memindai wajah di gate masuk, tanpa harus menunjukkan tiket fisik atau KTP. Teknologi ini tak hanya mempercepat proses, tapi juga memperkuat keamanan sistem perjalanan kereta.
Aplikasi Access by KAI kini dilengkapi fitur estimasi emisi karbon (CO₂) dari perjalanan penumpang. Informasi tersebut ditampilkan bersama dengan perbandingan emisi dari moda transportasi lain, sebagai bagian dari edukasi publik untuk lebih memilih moda transportasi yang ramah lingkungan.
Langkah ini menjadi bagian dari kontribusi PT KAI dalam mendukung transisi menuju transportasi rendah karbon dan kesadaran lingkungan yang lebih tinggi di kalangan masyarakat.
Menurut data terbaru, aplikasi Access by KAI telah diunduh lebih dari 29 juta kali, menandakan antusiasme dan kepercayaan publik terhadap layanan digital milik KAI ini.
Ixfan menyatakan bahwa pemesanan tiket melalui Access by KAI maupun situs resmi booking.kai.id menawarkan keamanan data serta kemudahan dalam transaksi, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat yang kian bergeser ke arah digital.
“Transformasi digital merupakan bagian dari komitmen KAI dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan transportasi yang modern dan efisien,” jelas Ixfan.