Iklan -- Scroll untuk lanjut membaca
Advertisement

RI Genjot Ekspor ke Timor Leste, Produk Indonesia Kian Diminati

RI Genjot Ekspor ke Timor Leste, Produk Indonesia Kian Diminati
RI Genjot Ekspor ke Timor Leste, Produk Indonesia Kian Diminati.

PEWARTA.CO.ID — Indonesia terus memperluas pasar produk nasional ke Timor Leste seiring dengan pertumbuhan hubungan perdagangan kedua negara yang semakin erat.

Data mencatat, nilai perdagangan Indonesia–Timor Leste pada 2024 mencapai USD391,34 juta, dengan rata-rata pertumbuhan tahunan sebesar 15,56 persen.

Pada periode Januari–April 2025 saja, ekspor Indonesia menembus angka USD117,08 juta, naik 11 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Produk yang paling diminati antara lain kendaraan bermotor, minyak kelapa sawit, makanan olahan, semen, produk farmasi, hingga kebutuhan konsumsi sehari-hari.

Beberapa komoditas strategis juga mengalami lonjakan, seperti kendaraan niaga ringan, tepung terigu, produk susu, hingga perawatan tubuh.

Fakta ini menegaskan Timor Leste masih menjadi pasar terbuka yang potensial bagi produk-produk inovatif Indonesia.

“Kami melihat Timor Leste sebagai mitra potensial dalam memperkuat perdagangan pangan. Melalui partisipasi di Dili International Trade Expo 2025, ID FOOD Group menghadirkan produk-produk unggulan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga mampu menjawab kebutuhan masyarakat Timor Leste. Langkah ini sejalan dengan mandat kami sebagai bagian dari ID FOOD untuk memperkuat ekspor dan ketahanan pangan regional melalui ekspansi perdagangan,” ujar SVP Sekretaris Perusahaan ID FOOD, Yosdian Adi Pramono, Selasa (2/9/2025).

PT BGR Logistik Indonesia (BLI) sebagai bagian dari ID FOOD Group juga berkomitmen memperkuat rantai pasok dengan layanan distribusi terintegrasi dan jaringan perdagangan global.

Dalam pameran tersebut, BLI dan PPI menghadirkan booth dengan beragam produk unggulan Indonesia, mulai dari pupuk, gula, herbisida, kedelai, susu kambing, hingga kapsul cacing.

Produk-produk itu didukung layanan logistik end-to-end dari BLI, termasuk penyimpanan, distribusi, cold chain, pengiriman lintas batas, hingga solusi perdagangan internasional. Dengan sinergi tersebut, BLI memastikan produk tersalurkan tepat waktu, aman, dan efisien.

“Keikutsertaan kami dalam Dili International Trade Expo 2025 merupakan langkah nyata untuk memperkenalkan kompetensi BLI dalam layanan logistik end-to-end, sekaligus membuka peluang kolaborasi baru dengan mitra internasional. Sinergi antara produk-produk ID FOOD yang dipamerkan dengan layanan distribusi dan perdagangan yang ditawarkan BLI adalah wujud nyata peran kami dalam menghadirkan solusi logistik yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional,” ucap Direktur Utama BGR Logistik Indonesia, Syailendra.

Advertisement
Advertisement
Advertisement