GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Bacaan Doa Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap

Bacaan Doa Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan
Ilustrasi berwudhu

PEWARTA.CO.ID - Mandi dan keramas sebelum memasuki bulan Ramadhan sudah menjadi kegiatan rutin bagi seorang muslim. Tujuannya agar kembali bersih baik jasmani maupun rohani dalam menjalani ibadah di bulan suci.

Mandi sebelum ibadah puasa wajib tersebut tidak bisa asal-asalan layaknya mandi biasa, karena harus disertai doa niat serta tata cara yang benar.

Adapun bacaan doa niat dan tata cara mandi sebelum puasa Ramadhan sudah diajarkan sejak di bangku sekolah maupun madrasah. Hal ini diharapkan bisa dilakukan secara baik dan benar oleh umat Islam tatkala memasuki bulan puasa.

Namun karena jarak di antara bulan Ramadhan lalu dengan Ramadhan tahun ini yang terlalu lama, bisa saja mungkin ada yang lupa mengenai tata cara mandi keramas sebelum puasa tersebut.

Untuk itu, melalui artikel ini Anda dapat menyimak kembali tata cara mandi sebelum puasa Ramadhan, lengkap dengan bacaan doa niatnya.

Berikut ini bacaan doa niat dan tata cara mandi sebelum puasa Ramadhan lengkap yang bisa Anda praktikkan.

Doa Niat Mandi Keramas Wajib Sebelum Puasa Ramadhan


Sebelum mandi, Anda dapat melafalkan bacaan niat atau doa sebelum mandi sebagai berikut;

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta'alla.

Artinya: Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Mandi Keramas Wajib Sebelum Puasa Ramadhan


Secara praktiknya, tata cara mandi wajib hampir sama dengan mandi pada umumnya. Hanya saja, ada niat atau doa di awal sebelum mandi yang membedakannya.

Berikut ini tata cara mandi wajib sebelum puasa Ramadhan;

- Membaca doa niat seperti tercantum di atas;

- Lalu membasuh seluruh tubuh dengan air yang cukup;

- Waktu yang dipilih untuk mandi wajib sebelum puasa Ramadhan adalah sore hari ketika esoknya telah masuk tanggal 1 Ramadhan. Atau;

- Mandi wajib sebelum puasa Ramadhan bisa dilakukan saat memasuki akhir bulan Sya'ban, menjelang bulan Ramadhan; serta

- Sebagai opsi terakhir, mandi wajib menjelang puasa Ramadhan dapat dilakukan saat malam hari saat esoknya sudah menjalani puasa Ramadhan hari pertama.

Tata cara mandi wajib menjelang puasa Ramadhan hampir mirip langkah-langkahnya dengan mandi wajib pada junub, lalu prosesnya seperti sedang melakukan wudhu sebelum salat, yang kemudian dilanjutkan dengan mandi keramas seperti biasa.

Keutamaan Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan


Mandi wajib sebelum memasuki bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim, khususnya sebagai kebiasaan umat muslim di Indonesia.

Mandi wajib sebelum bulan puasa Ramadhan adalah sebagai bentuk untuk memastikan kebersihan diri sebelum melaksanakan puasa wajib.

Selain bisa memberikan efek kesegaran bagi tubuh, kegiatan ini juga merupakan sunah yang jika dilakukan maka akan mendapatkan hitungan pahala.

Nah itu dia tadi penjelasan mengenai bacaan doa niat dan tata cara mandi sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan infonya ke teman, atau keluarga lainnya ya!

(ngk/abr)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close