GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Erick Thohir Minta Sektor Pariwisata Jangan Nomor Duakan Turis Lokal

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir


PEWARTA.CO.ID - Menteri BUMN, Erick Thohir mengimbau agar sektor pariwisata tidak hanya memprioritaskan pelayanan pada turis asing, tetapi juga membangun kepercayaan turis lokal.

Menurutnya, pertumbuhan pelancong lokal justru lebih potensial mempengaruhi pertumbuhan ekonomi karena besarnya transaksi yang mereka lakukan ketimbang turis mancanegara.

"Jangan terlalu menomorduakan bangsa kita. Kita harus membaca peta yang benar supaya tidak salah berinvestasi," ujarnya melalui postingan Instagram @erickthohir, Selasa (29/3/2022).

Erick Thohir menyampaikan, sektor pariwisata tidak boleh menutup mata dengan potensi turis lokal, di mana ia mencontohkan traksaksi wisatawan asing hanya menghasilkan Rp 300 triliun, sedangkan turis lokal mampu menyumbang Rp 1.400 triliun selama ini.

Namun dengan pernyataan tersebut, Erick Thohir lantas menampik anggapan bahwa dirinya anti turis asing, melainkan ingin mendorong agar Indonesia bisa menjadi bangsa yang dapat menghargai rakyatnya sendiri dengan membangun kekuatan budaya lokal.

Oleh karenanya, Erick mengajak peran serta pemerintah daerah untuk lebih proaktif dalam mengundang investor guna membangun infrastruktur bagi turis lokal di daerahnya masing-masing.

Hal senada pernah diungkapkan Menparekraf Sandiaga Uno. Melalui program desa wisata yang belakangan berkembang pesat dinilai dapat menciptakan peluang kebangkitan ekonomi warga sekitar.

(wjd/agg)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close