GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Gencar Promosi Desa Wisata, Menparekraf Kunjungi Temanggung

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Pasar Papringan di Temanggung, Jawa Tengah
Menparekraf, Sandiaga Uno saat mengunjungi lapak seorang pedagang di Pasar Papringan, Temanggung, Jateng, Minggu (13/3/2022) -Antara


Pewarta.co.id, Temanggung - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, belakangan tengah gencar mempromosikan desa wisata kepada masyarakat. Ia berharap akan lebih banyak lagi bermunculan destinasi lokal yang dapat membangkitkan perekonomian warga.

Jika sebelumnya terlihat mengunjungi Desa Bantaragung di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kali ini Sandiaga Uno mengunjungi sebuah pasar tradisional di wilayah Temanggung, Jawa Tengah.

Sandiaga mengunjungi Pasar Papringan yang ada di Ngadiprono, Kedu, Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (13/3/2022).

Menparekraf berkunjung ke Temanggung untuk melihat kawasan kebun bambu yang disulap menjadi tempat wisata berkonsep alam, yang ramah bagi keluarga.

Baca juga: Kali Pepe Land, Wisata Baru di Boyolali yang Mempesona


Baca juga: Studio MataHati Ceramics, Wisata Edukasi dan Galeri Keramik Kini Hadir di Batu


Hal seperti itulah yang ia apresiasi selama ini. Di mana kemandirian masyarakat desa untuk memanfaatkan potensi yang ada menjadi peluang usaha baru, yang tentunya bisa membangkitkan perekonomian warga sekitar.

Desa Wisata Terus Bermunculan


Melalui program yang digalakkan Kemenparekraf, belakangan konsep desa wisata semakin bermunculan. Seperti Kampung Majapahit di Mojokerto misalnya. Jika berkunjung ke kampung itu, maka pengunjung akan mendapatkan pengalaman seperti hidup di era masa kejayaan Kerajaan Majapahit dahulu.

Ada juga Desa Bantaragung. Desa wisata di Kabupaten Majalengka itu menyimpan banyak sekali keindahan alam, bahkan Sandiaga Uno menyebutnya mirip dengan suana alam di Bali. Begitu juga Pujon Kidul yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Setiap daerah diyakini memiliki potensi luar biasa, yang jika dikelola secara profesional maka akan menghasilkan public spot unggulan, bahkan tak kalah populer dibanding tempat wisata buatan yang didirikan oleh perusahaan atau investor besar.

Ia pun memotivasi agar desa lain segera membuat program desa wisata. Namun sebelum mengajukan menjadi area wisata, masyarakat yang nantinya bersedia menjadi pengelolanya wajib memenuhi 4 syarat membuat desa wisata yang telah disarankan oleh Kemenparekraf.

Berikut ini dokumentasi Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Pasar Papringan, di Temanggung, Jawa Tengah, dikutip dari laman suara.com.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Medan Zoo Terbaru 2022


Baca juga: KNKT Soroti Minimnya Tempat Istirahat di Lokasi Wisata


Foto Kunjungan Sandiaga Uno ke Pasar tradisional Papringan, Temanggung, Jateng


Sandiaga Uno menghampiri lapak pedagang di Pasar Papringan
Sandiaga Uno (kemeja batik) sedang melihat dagangan penjual di lokasi wisata Pasar Papringan


Sandiaga tengah mencoba salah satu kerajinan tangan
Sandiaga mencoba kerajinan/permainan yang dijual pedagang


Kemenparekraf kunjungi pasar tradisional wisata di Temanggung
Sambutan warga sekitar luar biasa



(dna/ys)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close