Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Tahapan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24 Lengkap

Minggu, 20 Maret 2022 | 12:37 WIB Last Updated 2022-03-20T05:37:07Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24
Ilustrasi Kartu Prakerja.


PEWARTA.co.id, Jakarta - Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 telah dibuka sejak tanggal 17 Maret 2022.

Pada pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 ini pemerintah menyediakan kuota untuk 300.000 peserta. Di mana pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 11 triliun untuk proses penyelenggaraannya.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan para peserta jika mengikuti program Prakerja, sehingga masyarakat diminta untuk proaktif mendaftar dalam gelombang 24 ini.

Berikut ini tahapan cara daftar Kartu Prakerja gelombang 24 yang dijelaskan secara lengkap, dengan melakukan proses registrasi atau login di situs resmi www.prakerja.go.id.

Silakan mengisi formulir online yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran.

Jika sudah mendaftar, silakan login menggunakan username dan password yang Anda masukkan saat mendatar tadi. Lalu klik pada menu "Gabung Gelombang".

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 24


1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas;

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal;

3. Dalam keadaan sedang mencari kerja, atau yang saya ini berstatus sebagai pekerja/buruh yang yang terkena dampak PHK, atau memiliki niat sungguh-sungguh untuk meningkatkan kompetensi diri pada bidang kerja yang dipilih, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil lainnya;

4. Bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi Covid-19;

5. Tidak berprofesi sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, Kades maupun perangkat desa, serta bukan direksi/komisaris/Dewan Pengawas baik pada BUMN maupun BUMD; dan

6. Maksimal hanya boleh 2 NIK dalam 1 KK yang dapat menerima Kartu Prakerja.

Buat Akun & Daftar Program Kartu Prakerja


- Untuk mencari laman daftar Anda bisa menggunakan fitur mesin pencari Google dengan mengetik "daftar akun Prakerja" (tanpa tanda petik). Atau lebih mudahnya langsung saja akses website www.prakerja.go.id melalui browser Anda > buka laman login > lalu klik tombol 'Daftar Sekarang'.

- Isikan nama lengkap sesuai KTP, kemudian email aktif, dan terakhir password.

- Cek email yang Anda gunakan untuk mendaftar, lihat notifikasi atau pemberitahuan yang masuk sesaat setelah Anda mendaftar.

- Lakukan verifikasi pendaftaran dengan klik link yang dikirimkan ke email.

- Jika akun telah terverifikasi, silakan masuk lagi ke halaman www.prakerja.go.id untuk mendaftar program Prakerja gelombang 24.

- Klik tombol login, laku masukkan email dan password.

- Kemudian masukkan nomor KTP, tanggal lahir, lali klik 'Berikutnya'.

- Lengkapi data diri Anda seperti nama lengkap, alamat surel/email, alamat tempat tinggal, pendidikan, status kebekerjaan, lalu unggah foto selfie sambil memegang KTP.

Langkah selanjutnya adalah mengikuti tes Kartu Prakerja

Dalam tes ini Anda diminta untuk menjawab 18 soal yang harus dikerjakan hingga tuntas dengan durasi 25 menit. Adapun materi yang diujikan berupa soal Matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra.

Peserta diperbolehkan menggunakan alat tulis dan kertas selama proses pengerjaan soal.

Setelah selesai mengerjakan semua soal, hasil akan segera dievaluasi. Dan berselang 5 menit saja Anda akan menerima pemberitahuan apakah tes yang Anda ikuti tadi losok atau tidak.

Sebagai catatan, peserta yang telah terdaftar pada gelombang sebelumnya maka tidak diperkenankan untuk mengikuti kembali pada Kartu Prakerja gelombang 24 ini.

Selamat mengikuti tes ya sobat, semoga beruntung dan bisa mendapatkan manfaat dari program Kartu Prakerja Gelombang 24 ini.

(jd/adn)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close