Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Cara Memilih Jasa Pembuat Blog Terpercaya dan Profesional

Rabu, 06 April 2022 | 19:21 WIB Last Updated 2022-04-06T12:21:04Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Cara memilih jasa pembuat blog terpercaya dan profesional
Ilustrasi blogger

PEWARTA.CO.ID - Memiliki hobi blogging memang mengasyikkan, selain bisa menyalurkan bakat menulis, juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Sampai di tahun 2022 masih banyak kalangan muda sampai dewasa yang melakukan aktivitas blogging, meskipun kemunculan para pesaing sudah sangat banyak diketahui. Pesaing tersebut di antaranya website-website yang dikelola oleh media besar dan terkemuka.

Blogging atau ngeblog merupakan aktivitas menulis di internet dengan tujuan menyampaikan informasi pada jenis artikel tertentu atau dalam berbagai varian konten. Di mana para blogger, sebutan orang yang melakukan aktivitas ngeblog, bisa mencurahkan buah pikirnya melalui laman web yang mereka kelola.

Website blog atau webblog dapat dibuat sedemikian rupa menggunakan berbagai platform yang tersedia di internet, seperti Blogger, WordPress, Weebly, dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi yang memiliki passion pada dunia website, tentu bukan perkara sulit mengelola webblog. Mereka bisa dengan leluasa melakukan kostumisasi juga optimasi agar blog yang mereka kelola dapat menghasilkan cuan.

Memang tak semua blogger melakukan blogging hanya demi penghasilan, tapi tak ada salahnya juga jika hal tersebut bisa dijadikan sampingan, alias iseng-iseng berhadiah.

Selagi memenuhi dahaga hobi menulis sekaligus menghasilkan pundi-pundi dari aktivitas tersebut. Dengan kata lain, Anda sedang menjalankan hobi yang dibayar. Menyenangkan bukan?

Namun, di satu sisi tidak semua orang mengerti betul cara membuat blog atau melakukan optimasi yang baik dan benar. Karena mungkin keinginan memiliki blog hanya untuk bertujuan menyalurkan bakat menulisnya. Tetapi sulit diwujudkan karena tak memiliki kemampuan secara teknis dalam membuat blog tersebut.

Maka tak heran jika belakangan banyak bermunculan bisnis jasa membuat blog yang ditawarkan baik di media sosial maupun laman website penyedia jasa pembuatan blog tersebut.

Dengan memanfaatkan jasa pembuat blog memang memudahkan Anda yang ingin memiliki webblog tanpa harus pusing memikirkan bagaimana cara membuatnya, menginstalnya, bahkan maintenance jika terjadi kesalahan sistem.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, lihat betul reputasi si pembuat blog tersebut. Karena biasanya harga yang ditawarkan terkadang tidak sebanding dengan kualitas yang diberikan. Sehingga banyak fitur yang membuat tulisan Anda yang tertuang dalam blog justru akan berakhir sia-sia.

Kenapa sia-sia?

Bayangkan, sudah lelah menulis tetapi tidak ada yang membaca, karena disebabkan kurang ramahnya laman blog, sehingga tidak bisa ditemukan dengan mudah oleh pembaca baik bersumber dari mesin pencari maupun sumber perujuk lainnya.

Karenanya, pilihlah secara bijak jasa pembuatan blog yang berkualitas dan profesional agar tak kecewa nantinya.

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara memilih jasa pembuat blog terpercaya dan profesional, ditujukan guna mendapat kepuasan setelah melakukan order.

Jika Anda salah satunya, maka silakan baca secara cermat dan teliti mengenai cara memilih jasa pembuat blog terpercaya dan profesional tersebut sampai tuntas. Lalu segera ambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Cek Reputasi Jasa Pembuat Blog


Melihat reputasi sangatlah penting. Hal ini mengindikasikan seperti apa latar belakang dari jasa yang dijalankan selama ini. Termasuk mengenali identitas si pembuat, apakah personal freelance atau sebuah kelompok semacam agensi periklanan.

Sebelum melakukan order blog, sangat layak untuk menanyakan portfolio atau karya yang pernah dibuat oleh penyedia jasa tersebut. Dari situ Anda bisa menilai seperti apa kualitas yang pernah mereka buat, sehingga menjadi dasar pengambilan keputusan dalam memakai jasa mereka.

Metode Pembayaran yang Digunakan


Melakukan transaksi melalui internet sangat rentan terhadap aksi penipuan. Sehingga proses jual-beli harus dipastikan aman.

Salah satu indikasi transaksi tidak aman jika pihak pembuat jasa memiliki identitas yang berbeda dengan akun rekening yang digunakan untuk menerima pembayaran.

Bijaknya, jual-beli blog yang benar adalah menggunakan jasa rekening bersama (rekber) yang melibatkan pihak ketiga, kecuali Anda sudah kenal betul dan yakin dengan si penyedia jasa.

Pembuatan Blog dengan Cara yang Wajar


Meski kehadiran tools sangat diperlukan untuk mempermudah proses pembuatan blog, namun tanyakan juga tools apa yang mereka gunakan sejak dari pembuatan akun sampai optimasi. Jangan sampai cara-cara yang digunakan menyalahi aturan, seperti menggunakan trik-trik curang yang bersifat manipulatif.

Mungkin cara manipulatif tidak akan langsung terasa efeknya sesaat serah terima akun, namun kedepannya pasti berpotensi untuk menerima peringatan atau bahkan sanksi pelanggaran karena dianggap telah menyalahi aturan.

Tanyakan Detail Registrar


Saat serah terima akun usai blog selesai dibuat, pastikan juga Anda mengetahui di mana domain didaftarkan, data privasi yang dicantumkan, dan berapa yang diperlukan saat maintenance pada masa perpanjangan yang biasanya ditagih setiap setahun sekali.

Ada begitu banyak pilihan registrar domain dan atau hosting terpercaya di Indonesia, seperti RumahWeb, Niaga Hoster, Dewa Web, dan lain sebagainya.

Jangan sampai ketika akun blog sudah Anda kuasai sepenuhnya kemudian muncul permasalahan di kemudian hari berkaitan dengan domain dan atau hosting tadi.

Buat Perjanjian Tertulis


Langkah aman yang juga harus dilakukan adalah buat kesepakatan bersama saat serah terima akun, yang isinya bisa berupa garansi, keterangan jaminan keamanan akun, serta dokumen penyerta seperti invoice dan langkah penanganan jika terjadinya error. Atau Anda bisa proaktif konsultasi secara langsung bila hal itu terjadi.

Mungkin masih ada catatan penting lain yang perlu diperhatikan ketika order blog melalui jasa, namun belum tertulis semua dalam artikel ini. Tetapi setidaknya dengan memperhatikan aspek yang tercantum di atas sudah cukup untuk memastikan proses order berjalan aman dan terpercaya.

Jadi, perhatikan betul penjelasan di atas mulai poin awal sampai yang terakhir ya, agar transaksional bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual dalam hal ini jasa.

Nah, itulah tips atau cara memilih jasa pembuat blog terpercaya dan profesional. Terakhir, waktunya fokus untuk membuat konten-konten yang bermanfaat untuk pembaca weblog Anda.

(mes/agd)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close