Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Fadillah Sedekah di Bulan Ramadhan, Keutamaannya Luar Biasa

Rabu, 13 April 2022 | 08:36 WIB Last Updated 2022-04-13T01:36:13Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Fadillah Sedekah di Bulan Ramadhan, Keutamaannya Luar Biasa
Ilustrasi sedekah (Freepik)

PEWARTA.CO.ID - Sedekah merupakan ibadah sebagai bentuk syukur atas karunia dan nikmat yang Allah SWT berikan. Ada banyak cara dan perwujudan dari usaha sedekah, apapun itu tentunya memiliki banyak keutamaan.

Sedekah tidak selalu berupa materi, namun segala hal yang bermanfaat dan berkesan positif, baik bagi yang melakukan maupun yang menerimanya.

Bahkan Islam telah mencontohkan hal sepele pun bisa jadi amalan sedekah, sesederhana hanya dengan berbagi senyum kepada sesamanya.

Lebih spesifik, sedekah yang akan dibahas dalam artikel kali ini lebih mengarah kepada mengikhlaskan berbagi harta benda kepada sesama. Terlebih jika hal itu dilakukan selama bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya;

"Barangsiapa membelanjakan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: 'Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.' Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan


Melansir dari Majalah Al-Azhar edisi 310 via detikEdu, Rabu (13/4/2022), Ketua YPI Al Azhar Dr. K.H. Shobahussurur Syamsi, M.A menjelaskan tentang fadillah bersedekah di bulan suci Ramadhan:

1. Mendapatkan Pahala Orang Berpuasa


Salah satu contoh bersedekah di Bulan Ramadhan adalah dengan memberi makan dan minum kepada orang yang berpuasa saat waktu berbuka tiba.

Keutamaannya luar biasa, yakni mendapatkan pahala orang puasa.

Ganjaran tersebut sebagaimana dijelaskan dalam Sabda Rasulullah SAW yang artinya:

"Barangsiapa yang memberi buka orang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun." (HR. Tirmidzi No. 807.)

2. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda


Kemudian, ganjaran bagi yang bersedekah di Bulan suci Ramadhan akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Bahkan hal tersebut merupakan janji Allah SWT.

"Barangsiapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barangsiapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah pada Bulan Ramadhan." (HR. Bukhari-Muslim)

3. Hal yang Diutamakan saat Bulan Ramadhan


Keutamaan lain bersedekah di Bulan Ramadhan adalah sifatnya yang diutamakan. Artinya, bersedekah memang merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan selama bulan suci.

Rasulullah SAW bersabda, yang berbunyi;

"Sedekah yang paling afdhal adalah yang diberikan di Bulan Ramadhan." (HR. Tirmidzi)

4. Pahala Sedekah Terus Berkembang dan Membesar


"Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud" (HR. At-Tirmidzi 662)

Mungkin yang dimaksudkan dalam makna terus berkembang dan membesar adalah kebaikan dan atau manfaat yang akan dicatat oleh Allah SWT bagi hamba yang melakukannya.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bersedekah ya sobat!

5. Dibebaskan dari Siksa Kubur


Hal yang bisa menolong manusia saat di alam kubur adalah catatan amalan baik selama hidupnya. Salah satu yang dapat membebaskan manusia dari siksa kubur adalah amalan sedekah.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya;

"Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." (HR. Thabrani)

Itulah 5 keutamaan sedekah di Bulan Ramadhan. Dengan fadillah dan keutamaan seperti dijelaskan tersebut tentunya bisa jadi motivasi bagi umat muslim untuk lebih semangat dalam berbagi kepada sesama selama bulan suci ini.

Meski begitu, berbuat baik tak terbatas pada bulan suci Ramadhan saja melainkan patut dilakukan kapanpun, di manapun, dalam bentuk apapun, dan kepada siapapun.

(rdw/rdw)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close