GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Kabar Baik! IDI Prediksi Tak Akan Ada Lagi Varian Baru Covid-19

IDI Prediksi Tak Akan Ada Lagi Varian Baru Covid-19
Prof Zubairi Djoerban, Ketua Satgas IDI

PEWARTA.CO.ID - Kemunculan rekombinan varian baru Corona dikatakan IDI memang akan terus ada, namun melihat perkembangan karakteristik virus akibat mutasi dari Covid-19 tidak selalu berarti buruk.

Meskipun kemunculan varian Covid-19 seperti XE, XD, dan XF sampai yang terbaru BA.4 sempat memunculkan kekhawatiran, namun sejauh ini belum ada bukti mengakibatkan dampak lebih berat.

Ketua Satgas Covid-19 IDI, Prof Zubairi Djoerban mengatakan, pihaknya memprediksi tak akan ada lagi varian baru Covid-19 berbahaya di masa mendatang.

"Selama virus menyebar melalui populasi, mutasi terus terjadi, dan keluarga Omicron terus berkembang yang dengan cepat menggeser Delta," tulis Prof Zubairi melalui akun Twitter pribadinya, Kamis (14/4/2022).

"Tapi, mutasi menjadi varian berbahaya mungkin tak akan ada lagi," sambungnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI sebelumnya menegaskan varian XE, XD, dan XF belum ditemukan di Indonesia. Meski begitu, pihaknya tetap mewaspadai kemungkinan munculnya ketiga varian tersebut akibat mutasi subvarian Omicron BA.2 dan varian Delta.

Terbaru, Kemenkes Pantau lima provinsi yang mengalami kenaikan kasus positif menjelang momentum libur lebaran. Lima provinsi itu antara lain DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Bangka Belitung, dan Bali.

Meski begitu, angka positivity rate PCR dari masing-masing wilayah tersebut masih bisa terkendali.

(wly/glh)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close