GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

'Robot' Pekerja Semakin Diminati Pebisnis, Bagaimana Nasib Manusia Kelak?

Artificial Intelligence Ilustration
Ilustrasi AI

PEWARTA.CO.ID - Perubahan zaman yang serba cepat didukung dengan perkembangan teknologi membuat kalangan pebisnis mulai berpikir untuk menghasilkan keuntungan dengan cara efisien.

Para pebisnis mulai meninggalkan cara lama yang lebih memakan waktu lama serta biaya operasional yang tak sedikit.

Karenanya, penggunaan Artificial Intelligence (AI) ke dalam dunia kerja semakin diminati, karena kualitas dan kuantitas lebih mudah di kontrol ketimbang dengan cara manual.


Menjawab pertanyaan itu, GTM Strategy & Ops. Manager Biginsight, Salma Tarizkq mengatakan, sekalipun AI di klaim memiliki banyak kelebihan tetap saja ada batasannya.

Menurutnya, kehadiran AI bukan untuk menggantikan pekerja manusia, melainkan sebagai alat yang justru semakin mempermudah pekerjaan manusia itu sendiri.

"Malah akan melatih mereka menggunakan data tersebut lebih baik, akan melatih mereka bekerja efisien," terangnya saat menghadiri acara Bincang-bincang Media, dikutip detikFinance, Kamis (12/5/2022).

Salma menambahkan, tenaga dan pikiran manusia tetap dibutuhkan di beberapa bidang pekerjaan, seperti supply atau pengiriman barang misalnya.

Hal senada juga disampaikan COO IYKRA Nabil Badjri. Ia mengatakan jika AI hanyalah piranti pembantu pekerjaan manusia.

"Pasti akan ada selalu error dari setiap apa yang dilakukan. Nah, disinilah sentuhan manusia dibutuhkan," ucapnya.

Meski demikian lanjut Nabil, besar kemungkinan jika ada role yang akan tergantikan peranannya berkat kehadiran AI. Tetapi, tetap saja di bagian tertentu Mash membutuhkan peran manusia.

(spt/by)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close