Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Tips Memilih Desain Interior yang Cocok untuk Jiwa Introvert

Rabu, 25 Mei 2022 | 22:49 WIB Last Updated 2022-09-21T19:56:02Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Tips Memilih Desain Interior yang Cocok untuk Jiwa Introvert
Tips desain interior rumah untuk seorang introvert

PEWARTA.CO.ID - Memilih hunian untuk ditinggali tidak bisa sembarangan, tentunya harus melalui berbagai pertimbangan seperti suasana, estetika, dan kecocokan dengan lingkungan. Terlebih jika penghuninya memiliki karakter sifat tertentu, seperti jiwa introvert misalnya.

Sosok introvert dikenal suka ketenangan, bersahabat dengan suasana damai, dan berteman dengan lingkungan yang ramah. Orang-orang tipe ini akan dapat memiliki kekuatan dalam hidupnya jika didukung interaksi perasaan yang tepat.

Oleh karenanya, dalam hal memilih desain rumah juga harus diperhatikan unsur-unsur yang mendukung karakteristik tersebut. Bukan hanya indah dipandang, tetapi juga harus dilengkapi komponen interior yang mampu menciptakan kesan nyaman, aman, serta mendamaikan.


Mengutip dari laman The Spruce via Parapuan, Rabu (25/5/2022), berikut ini tips desain rumah yang cocok untuk jiwa introvert:

Baca juga: 3 Fakta Kepribadian Introvert yang Selama Ini Keliru Dipahami, Ternyata Cuma Mitos!


Inspirasi Desain Interior untuk Introvert


Bernuansa netral


Netral memang memiliki banyak arti, namun tidak sesederhana yang dikira. Artinya, kesan netral yang dimaksud lebih mengarah pada pemilihan warna, tata letak ruangan, dan properti yang tidak terlalu berlebihan, namun tetap memiliki nilai estetika.

Suasana netral dari segi pemilihan warna dinding akan mencegah dari perasaan gelisah dan atau mudah marah. Wajar saja, seorang introvert yang suka sekali ketenangan akan terganggu dengan desain yang terlalu ramai.

Warna-warna yang terlalu cerah dinilai tidak bisa memberikan kedamaian dan kenyamanan. Sebaliknya, warna yang cocok untuk Introvert lebih didominasi tingkap kecerahan yang tak seberapa. Teduh dan halus adalah zona nyaman orang tipe ini.

Furnitur yang nyaman


Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah pemilihan furnitur. Selain warna ruangan, furnitur juga dapat memengaruhi emosional seorang introvert.

Adapun contoh furnitur yang disarankan seperti selimut berbulu, kursi empuk, karpet lembut, bantal besar atau sebuah sofa nyaman di dekat jendela. Saat perlu waktu memanjakan diri, furnitur ini akan bisa jadi tempat ternyaman bagi mereka untuk menemukan inspirasi.

Bisa juga dengan menambahkan kursi berlengan untuk membaca buku, bantal yang besar di ruang tamu atau koleksi cangkir kopi yang khas. Kesan eksklusif dapat membuat mereka merasa layaknya raja atau ratu di 'kerajaannya' sendiri.

Baca juga: Tentang Kepribadian Ambivert, Perpaduan Antara Introvert dan Ekstrovert


Furnitur pembangkit emosi positif


Pentingnya menempatkan furnitur penunjang untuk memanjakan diri seorang introvert. Bukan hanya tenang dan nyaman, mereka suka dimanja dengan peralatan rumah yang bisa membangkitkan energi positif. Ingat, emosional introvert dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Kriteria ruangan yang nyama menurut introvert dapat diwujudkan dengan menambahkan unsur seni, seperti memasang lukisan, gambar-gambar pembakar semangat, menyentuh perasaan, atau yang membawa mereka kepada kenangan tertentu.

Fitur peredam suara


Ya, ruangan yang tenang dan damai adalah waktu suasana dambaan bagi introvert. Karenanya, jika diperlukan pasang peredam suara pada ruangan tertentu untuk tempat mereka bermeditasi dengan diri sendiri.

Salah satu pengaplikasiannya mungkin dengan memasang gorden panjang, karpet tebal, atau bisa juga gunakan bahan tekstil kedap suara untuk dipasang di dinding.

Penting menjadi pertimbangan memilih tata letak (layout) agar apapun yang mereka lakukan di rumah serasa menjadi tempat terbaik untuk memanjakan diri.

Itulah tips desain interior yang cocok untuk introvert. Apakah Anda di antaranya yang memiliki jiwa seperti itu?


(wly/fit)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close