GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

3 Fakta Kepribadian Introvert yang Selama Ini Keliru Dipahami, Ternyata Cuma Mitos!

3 Fakta Kepribadian Introvert yang Selama Ini Keliru Dipahami, Ternyata Cuma Mitos!
Ilustrasi orang berkepribadi introvert. (Dok. Freepik)

PEWARTA.CO.ID - Sejumlah fakta seputar introvert berikut ternyata hanya mitos belaka. Terlebih selama ini sering keliru dipahami terkait sifat dari seseorang yang berkepribadian introvert. Apa saja itu?


Dilansir dari WebMD, sosok introvert seringnya dianggap sebagai seorang yang pemalu, anti sosial, bahkan cenderung suka menyendiri.


Padahal faktanya tidaklah demikian. Karena penjelasan berikut ini akan membuka sisi lain yang tidak banyak diketahui dari sosok introvert tersebut.


Untuk lebih jelasnya mengenai mitos yang terlanjur melekat pada introvert namun ternyata keliru, maka simak deretan fakta sebenarnya sebagai berikut.


Baca juga: Tips Memilih Desain Interior yang Cocok untuk Jiwa Introvert


Fakta dan Mitos Seputar Introvert


Sifat pemalu, pendiam, dan anti sosial tidak dialami oleh semua introvert. Sehingga Anda tidak bisa menilai semua orang berkepribadian tersebut sama.


Terkadang, mereka yang berkepribadian introvert juga ramah dan gemar bergaul dengan khalayak pada umumnya.


Sampai tak jarang Anda tidak akan bisa mengenali karakter intovert dalam dirinya karena begitu mudahnya ia dalam bersosial.


1. Benarkah Introvert sulit dikenali?


Banyak yang mengatakan sosok introvert sulit untuk dikenali lantaran sikapnya yang misterius.


Padahal mungkin saja dibalik kediaman seorang introvert hanya karena ia tidak menyukai hal-hal yang bersifat basa-basi.


Benar saja, orang berkepribadian introvert menyukai segala sesuatu dibahas secara to the point, sehingga tanpa melebar dari topik pembahasan.


Sayangnya, hal seperti ini terkadang malah jadi boomerang bagi dirinya. Karena orang-orang di sekitarnya menjadi merasa asing untuk berkomunikasi dengannya.


Sosok kepribadian introvert bisa menjadi pemimpin
Ilustrasi. (Dok. Freepik)


Namun percayalah, jika sudah mengenal lebih dekat dengan introvert, ia akan menjadi lebih ramah dari yang Anda kira.


Introvert juga tak segan menjadikan orang lain sahabat dekat jika dirasa telah menemukan kecocokan dan rasa nyaman.


Baca juga: Tentang Kepribadian Ambivert, Perpaduan Antara Introvert dan Ekstrovert


2. Yakin Introvert tidak bisa jadi pemimpin?


Buat kaum introvert yang terlanjur mendengar perkataan kalau orang berkepribadian ini tidak bisa menjadi pemimpin jadi patah arang dulu, ya!


Pasalnya, faktanya tidaklah demikian. Introvert bisa menjadi pemimpin yang bijaksana selagi ia bisa mengendalikan emosi dan egonya.


Sempatkan sesekali waktu untuk mendengar saran dan nasihat orang agar kamu termasuk ke dalam golongan introvert yang bisa menjadi pemimpin.


Ya meskipun sosok ekstrovert lebih diandalkan jika harus ditunjuk menjadi pemimpin, namun introvert juga akan mampu jika percaya diri dengan keahlian yang dia miliki.


Kebanyak sosok pendiam seperti ini justru memiliki banyak keahlian hebat. Hanya saja mereka jarang memperlihatkannya kepada umum, karena sekali lagi introvert lebih suka to the point. Beri tugas pada mereka, maka akan tuntas dikerjakan olehnya.


Baca juga: Ciri-ciri Karyawan Berkepribadian Ambivert, Pimpinan Wajib Tahu!


3. Apakah benar Introvert tidak ramah?


Terakhir, benarkah introvert tidak ramah dalam bersosial? Sebelum terlanjur termakan mitos ini sebaiknya baca penjelasan berikut.


Sejatinya memiliki kepribadian introvert tidak terlalu memengaruhi seberapa ramah mereka.


Seperti dijelaskan pada poin 1, bahwa introvert hanya perlu waktu memilah dan memilih teman yang menurutnya tepat. Maka dengan sendirinya sikap ramah itu akan muncul.


Introvert juga tak segan menceritakan pengalaman pribadinya yang selama ini terpendam kepada orang yang dipilihnya.


Namun ia tetap akan berusaha menyimpannya jika diharuskan membuka tabir tersebut pada sebuah pertemuan yang melibatkan banyak orang.


Baca juga: Hindari Meletakkan 6 Benda ini di Ruang Tamu, Karena Efeknya..


Setelah menyimak penjelasan di atas, mulai sekarang jangan buru-buru menjustifikasi introvert tanpa mengenali sosoknya lebih dekat, ya!


Agar sifat yang identik dengan introvert tersebut justru tidak menjadi batasan baginya. Sebaliknya, justru ia bisa melawan hukum alam bahwa introvert pun bisa memiliki sifat sosial layaknya orang biasa.


Itulah 3 fakta kepribadian introvert yang ternyata cuma mitos belaka. Jangan sampai keliru memahami lagi.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close