Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

5 Jurusan Kuliah ini Lulusannya Dinilai Paling Mudah Dapat Kerja

Sabtu, 04 Juni 2022 | 14:19 WIB Last Updated 2022-06-04T07:19:27Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


5 Jurusan Kuliah ini Lulusannya Dinilai Paling Mudah Dapat Kerja
Ilustrasi wanita karir

PEWARTA.CO.ID - Sebelum memilih jurusan kuliah pastinya banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Mulai dari menyesuaikan passion sampai peluang kerja setelah lulus nanti.

Tapi berdasarkan riset, beberapa jurusan berikut ini dipercaya dapat mempermudah para lulusannya untuk dapat kerja setelah wisuda. Apa saja itu?

Dilansir dari Beautinesia, Sabtu (4/6/2022), berikut ini 5 jurusan kuliah yang lulusannya berpeluang besar dapat kerja setelah wisuda.

Lulusan Jurusan Kuliah Paling Mudah Dapat Kerja


Buat calon mahasiswa baru wajib baca ya!
Siapa tahu bisa menjadi rekomendasi tepat sekaligus referensi yang sesuai dengan minat dan bakat sobat Pewarta yang hendak berkuliah setelah ini.

1. Jurusan Teknik


Jurusan kuliah yang pertama adalah Teknik. Jurusan ini paling cocok buat lulusan SMA dari jurusan IPA, terlebih jika Anda memiliki kemampuan berhitung dan menyukai pemecahan permasalahan (problem solving).

Dikutip dari Investopedia, lulusan jurusan Teknik selain mudah dapat kerja setelah wisuda juga kebanyakan bergaji tinggi. Bahkan jurusan ini masuk dalam daftar teratas sebagai program studi dengan lulusan yang berpenghasilan besar di dunia kerja.

Dalam program studi Jurusan Teknik ada banyak disiplin ilmu yang diajarkan, Anda bisa pilih sesuai minat dan kemampuan. Perlu dipertimbangkan juga tentang rencana karir kedepannya. Adapun sub jurusan dari Ilmu Teknik antara lain Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Informatika, dan banyak lainnya.

2. Jurusan Ilmu Bisnis


Untuk jurusan yang satu ini cocok bagi sobat yang menyukai tantangan perencanaan bisnis.Nantinya akan diajarkan seluk-beluk bisnis mulai dari perencanaan awal sampai pengembangan (scale up).

Hampir sama dengan jurusan Teknik, program studi ini mencakup beberapa disiplin ilmu. Lulusannya pun dipercaya memiliki prospek karir yang menjanjikan.

Beberapa sub disiplin ilmu dalam jurusan Manajemen Bisnis antara lain administrasi, akuntansi, keuangan, maupun manajemen bisnis. Semua dikupas secara mendalam sehingga lulusannya akan siap dengan kondisi dunia kerja.

Pasalnya, lulusan jurusan kuliah Bisnis selalu dibutuhkan oleh perusahaan, lembaga, atau instansi perkantoran dari waktu ke waktu. Bagaimana sobat, tertarik masuk jurusan Ilmu Bisnis?

3. Jurusan Keperawatan


Berbeda dengan dua jurusan sebelumnya, kali ini lebih ke pelayanan sosial. Ilmu yang harus dikuasai pun tak serta-merta harus dihitung dengan materi. Namun dibutuhkan orang-orang yang berdedikasi tinggi pada kesehatan masyarakat.

Namun demikian, jurusan Keperawatan juga berpeluang mudah dapat kerja ketika lulus. Bahkan sebagian besar kasus membuktikan banyak mahasiswa/i yang sudah diterima praktik sebelum wisuda.

Dilansir dari laman yang sama, profesi perawat terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Bahkan diprediksi akan semakin dibutuhkan kedepannya. Tapi sekali lagi, jurusan ini kurang tepat bagi Anda yang hanya berpikiran materi belaka. Karena ada unsur sosial yang terlibat di dalamnya. Seorang pelayan kesehatan adalah tugas mulia. Tetapi tanpa dijelaskan pasti sudah pada tahu kan seperti apa masa depan orang-orang kesehatan?

4. Jurusan Ilmu Komunikasi


Jurusan ini sangat direkomendasikan buat yang berjiwa entrepreneur. Mereka yang berkemampuan komunikasi baik akan sangat tepat masuk ke bidang studi ini.

Jurusan Ilmu Komunikasi memerlukan orang-orang kreatif dan berjiwa seni tinggi. Sesuai namanya, lulusan jurusan ini akan menjadikan seseorang memiliki keahlian olah kata baik lisan maupun tulisan yang bisa memengaruhi pendengarnya.

Peluang kerja untuk jurusan ini sangat terbuka lebar, terlebih dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, seperti media online, startup, maupun perusahaan telekomunikasi. Bahkan jika telah memiliki nama, seseorang dapat membuka kelas ilmu public speaking dengan basic yang telah dimilikinya.

Selanjutnya, tinggal siapkan mentalmu!

5. Jurusan Teknologi Informasi


Terakhir, jurusan yang tidak bisa dipungkiri lagi sebagai kebutuhan era modern seperti sekarang. Karena diketahui era industri saat ini serba digital, di mana dibutuhkan banyak kandidat yang bisa menyesuaikan diri dengan piranti di dalamnya.

Jadi jurusan Teknologi Informasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menyukai hal-hal berbau infomasi dan teknologi. Nantinya peluang kerja dapat dengan sendirinya terbuka bagi lulusannya, mulai dari perkantoran, perusahaan media, maupun startup yang tengah berkembang. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk bisa bekerja di instansi pemerintah, loh!

Itulah kelima jurusan kuliah paling mudah dapat kerja setelah lulus. Kira-kira di nomor berapa pilihanmu?

Segera pertimbangkan dengan matang, jangan sampai kejadian kasus salah jurusan ya sobat!



(aep/bqs)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close