Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Cara Mudah Membuat Terang Bulan Lembut dan Bersarang

Rabu, 06 Juli 2022 | 15:34 WIB Last Updated 2022-09-18T00:25:43Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Cara Mudah Membuat Terang Bulan Lembut dan Bersarang
Terang bulan lembut dan bersarang yang dapat mengembang dengan sempurna.

PEWARTA.CO.ID - Camilan dengan harga ekonomis dan mudah dicari menjadi poin plus martabak manis atau yang biasa kita kenal dengan terang bulan banyak digemari oleh kalangan tua maupun muda. Adonannya yang lembut dan bersarang bisa menambah cita rasa nikmat di setiap gigitannya.

Siapa sangka membuat terang bulan lembut dan bersarang kini bisa dicoba di rumah. Bagi pemula tidak perlu khawatir gagal untuk mencobanya, yang terpenting adalah bahan serta cara pengolahannya.

Selain itu, cetakan juga akan mempengaruhi hasil dari terang bulan yang lembut dan bersarang. Bisa dilihat semua penjual terang bulan menggunakan cetakan khusus dengan diameter berkisar 18-20 cm. Namun, jika di rumah hanya tersedia teflon atau cetakan terang bulan mini pun bisa digunakan.

Dikutip dari resepkoki.id, berikut cara membuat terang bulan lembut dan bersarang yang mudah dipraktikkan di rumah untuk memanjakan lidah, menikmati terang bulan kapanpun yang Anda inginkan.

Baca juga: Inspiratif, Kisah Sukses Mongki Roti Hingga Rambah Beberapa Kota


 1. Gunakan bahan pengembang agar teksturnya semakin bersarang


Baking soda, baking powder, dan ragi merupakan bahan pengembang yang umum digunakan untuk membuat adonan terang bulan. Tekstur terang bulan bisa bersarang, berserat, dan berpori akibat gelembung udara yang terjebak di dalam adonan.

Memilih salah satu bahan pengembang atau mengkombinasikan keduanya untuk dicampur kedalam adonan juga bisa. Misal mencampurkan baking soda dengan ragi.

Tambahkan ragi saat proses pembuatan adonan lalu diamkan kurang lebih 1 jam supaya mengembang. Selanjutnya ketika adonan akan dimasak tambahkan baking soda secukupnya dan aduk hingga merata.

Penambahan baking soda atau baking powder sebaiknya dilakukan saat adonan akan dimasak, sebab kedua bahan tersebut tidak bertahan lama saat berada di suhu ruang, kecuali jika menggunakan baking powder double acting.

Baca juga: Daftar Kuliner Ini Namanya Bikin Mikir Jorok, Ada Memek Basah, Kontol Kejepit, dan Turuk Bintul


 2. Gunakan wajan yang tebal dan anti lengket


Jika di rumah tidak memiliki cetakan khusus, maka Anda bisa menggunakan teflon yang tebal dan anti lengket untuk membuat terang bulan. Lapisan teflon yang tebal akan membuat terang bulan matang secara merata, begitupun dengan lapisan anti lengket akan lebih mudah untuk diangkat ketika sudah matang.

 3. Pastikan teflon sudah cukup panas sebelum adonan dimasukkan


Tips lain untuk membuat terang bulan lembut dan bersarang adalah memastikan teflon benar-benar panas.
Adonan terang bulan akan lebih cepat mengembang dan berpori apabila cetakan sudah panas.

 4. Segera tutup teflon


Setelah memastikan adonan tertuang ke dalam teflon dan bulat sempurna maka kamu bisa segera menutupnya. Suhu yang panas akan membuat terang bulan lebih cepat berpori. Namun jangan lupa untuk segera mengecilkan api ketika adonan sudah tercetak dalam teflon supaya tidak gosong. 

Baca juga: Sejarah Asal-usul Sempol Malang, Siapa yang Menciptakan Pertama kali?


 5. Oleskan margarin


Jika terang bulan sudah matang, angkat dan diamkan beberapa saat. Terang bulan dalam keadaan hangat bisa diolesi dengan margarin supaya rasa lebih gurih.
Selanjutnya taburi topping sesuai selera, bisa menggunakan meses coklat, keju, ataupun kacang yang dihaluskan.

Nah, terang bulan lembut dan bersarang kini siap disantap. Pastikan semua tahapan dan durasi pengolahan tepat supaya mengahasilkan terang bulan yang enak serta tidak bantet.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya. Karena dengan bahan yang mudah didapat dan alat yang ada di rumah, Andapun bisa membuatnya kapanpun.

(nim/aep)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close