GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Hati-hati! Ini Bahaya Gunakan Wifi Gratisan

Ilustrasi hacker
Ilustrasi hacker (Pexels)

PEWARTA.CO.ID - Internet sudah menjadi kebutuhan harian hampir setiap orang. Dengan internet aktivitas pekerjaan, sekolah, dan niaga dapat berjalan sebagaimana mestinya. Ada banyak cara untuk selalu terhubung ke internet menggunakan gawai. Salah satunya menggunakan WiFi.

Selain maraknya promo dari provider yang menawarkan paket data yang bisa dibeli secara mandiri, kehadiran WiFi juga bisa jadi solusi. Bahkan penggunaannya bisa untuk bersama, baik di kantor, rumah, instansi, maupun fasilitas umum.

Jaringan nirkabel WiFi bisa terkoneksi ke perangkat seperti smartphone atau laptop yang didukung perangkat penghubung atau penangkap sinyal. Selain yang berbayar, sambungan WiFi juga bisa didapatkan secara gratis alias cuma-cuma.

Namun, tahukah Anda jika ternyata tidak semua WiFi gratisan itu aman?

Pasalnya, ada ancaman yang membahayakan data privasi Anda jika sering menggunakan akses WiFi gratis tersebut.

Baca juga: Dampak Positif Media Sosial Di Era Digital, ini Kata Kominfo


Literasi media digital
Webinar literasi digital oleh Kominfo

Dalam literasi digital 2022 #MakinCakapDigital yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang bekerjasama dengan Siber Kreasi pada hari Kamis (23/6/2022), Adhi Prasnowo selaku narasumber mengatakan ada delapan bahaya menggunakan WiFi gratisan, antara lain:

  • Pencurian data oleh peretas
  • Ancaman snooper
  • Akun sosial media rentan dibajak
  • Wifi jebakan
  • Rentan terkena virus
  • Banyak iklan mengganggu
  • Pencurian data nasabah
  • Rentan terkena website palsu

Baca juga: Kampanye 'Makin Cakap Digital', Kemkominfo Ingin Masyarakat Bijak Manfaatkan Teknologi



"Lebih baik kita terhubung dengan WiFi yang sudah terjamin keamanannya agar privasi kita juga tidak terganggu dan hal-hal yang tidak diinginkan juga tidak terjadi kepada kita. Kalau bisa gunakan firewall dalam perangkat agar peretas tidak bisa meretas mencuri data pada komputer kita,” ucapnya.

Untuk diketahui, Kemkominfo rutin menggelar edukasi dalam format webinar bertajuk 'Makin Cakap Digital'. Di mana tujuannya untuk memberikan pemahaman masyarakat terkait pentingnya melakukan literasi media di era digitalisasi.

(kmf/ses1)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close