GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Gubernur Sumut Minta Semua Daerah Sukseskan Pendataan Awal Regsosek 2022

Gubernur Sumut Minta Semua Daerah Sukseskan Pendataan Awal Regsosek 2022
Gubernur Sumut membuka secara resmi Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022. (Dok. Pewarta Sumut)

PEWARTA.CO.ID - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta semua daerah untuk ikut menyukseskan program Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi atau Regsosek 2022.


Hal itu guna menyediakan sistem dan basis data penduduk yang tterdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data NIK.


“Ini sangat kita butuhkan, kita belajar dari saat pandemi di mana banyak pemerintah yang kesulitan memberikan bantuan kepada masyarakat, saya meminta seluruh daerah ikut menyukseskannya,” ujarnya seperti dilansir Pewarta Sumut, Senin (12/99/2022).


Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Medan Zoo Terbaru 2022


Pendataan awal Regsosek 2022 ini, lanjutnya, akan sangat membantu pemerintah pusat, utamanya dalam pelaksanaan program perlindungan dan pemberdayaan masyarakat.


Edy juga menyebut, perlunya pembaruan data. Karena jika tidak, menurutnya, dapat menimbulkan masalah saat pemerintah menjalankan program terkait kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat tersebut.


“Kita mungkin sering dengar orang yang sudah meninggal malah mendapat bantuan, orang yang tidak layak lagi mendapat bantuan, masih dapat bantuan, ini karena data kita yang kurang up-to-date, melalui kegiatan ini mudah-mudahan terselesaikan,” paparnya.


Sementara itu, Inspektur Utama BPS Akhmad Zaelani menuturkan, Regsosek 2022 memiliki tiga visi besar, yaitu mewujudkan sattu data yang terorganisir, intergrasi informasi data, tepat jumlah, tepat harga, dan tepat administrasi.


Baca juga: Selain Medan Zoo, Inilah 6 Kebun Binatang Terbaik di Sumatera, Catat!


Sehingga nantinya data ini akan sangat berguna sebagai katalisator peningkatan layanan publik dan kesejahteraan masyarakat.


“Pengumpulan data lapangan dilaksanakan dari 15 Oktober 2022 sampai 14 November 2022 oleh Petugas Pendata Lapang (PPL) dan diawasi oleh Petugas Pemeriksa Lapang (PML), dan Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka),” terang Zaelani dikutip dari Pewarta Sumut, Senin.


Hal senada juga disampaikan Kepada BPS Sumut, Nurul Hasanuddin. Ia mengatakan, perbaikan data sangat berguna terkait sosial dan ekonomi masyarakat.


“Ini bertujuan untuk memberikan sistem dan basis data tersebut, untuk kesejahteraan masyarakat, jadi mari kita sukseskan Regsosek,” tukasnya.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close