Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Wali Kota Batu Dukung Program Digitalisasi UMKM, Ini Pesan Dewanti untuk Pengusaha Produk Lokal

Jumat, 09 September 2022 | 19:23 WIB Last Updated 2022-09-09T12:23:45Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Pemkot Batu Dukung Program Digitalisasi UMKM, Ini Pesan Dewanti untuk Pengusaha Produk Lokal
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberi sambutan pada acara KickOff Kota Masa Depan yang berlangsung Jumat (9/9). (Dok. Diskominfo Batu)

PEWARTA.CO.ID - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mendukung penuh program Kota Masa Depan yang diklaim sebagai langkah maju dalam pengembangan UMKM di Batu.

Pasalnya, program Kota Masa Depan ini didukung penuh perusahaan berbasis teknologi demi memajukan produk-produk lokal di Batu di ruang digital.

Bahkan, Dewanti mengaku bersyukur dengan adanya kerja sama antara pelaku UMKM di Batu dengan fasilitas dan dukungan dari perusahaan teknologi sebesar Grab, Bukalapak, dan EMTEK tersebut.

Menurutnya, melalui digitalisasi produk UMKM yang diupayakan, maka membuka peluang khalayak dapat lebih mengenal produk khas Batu secara luas.

Baca juga: Dukung Ketahanan Pangan Warga, Pemkot Batu Bagikan 1.500 Bibit Tanaman Cabai, Jagung, Ubi, dan Singkong


Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Ingin RI Jadi Pusat Produsen Halal Dunia


“Dengan kerjasama ini, sebelum wisatawan datang ke alun-alun, mereka sudah bisa memilih menu, memesan dan membeli produk UMKM/PKL tanpa perlu mengantri. Dengan begitu, akan lebih cepat, mengurangi kepadatan dan menguntungkan UMKM/PKL,” kata Dewanti saat acara KickOff Kota Masa Depan yang digelar di Alun-alun Kota Batu, Jumat (9/9/2022).

Meski demikian, Wali Kota yang akrab disapa 'Bu De' itu juga berpesan kepada semua pengusaha UMKM, agar menyediakan produk berdaya saing tinggi.

Adapun langkah yang perlu diperhatikan sebelum memasarkan produk secara digital, menurut dia, pelaku UMKM harus membuat tampilan produk yang menarik, seperti kemasan higienis, harga terjangkau, serta kualitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga: Menparekraf Dorong Pelaku UMKM Kolaborasi dengan Platform Digital


Baca juga: Dorong UMKM Lokal Naik Kelas, Pemprov Jatim Bakal Optimalkan Pendaftaran NIB


“Kualitas, harga, higienis, mohon dijaga agar produk UMKM dan PKL kita bisa dipertanggungjawabkan. Nantinya, inovasi ini tidak hanya di alun-alun, namun juga di tempat oleh-oleh agar pembeli oleh-oleh tidak hanya yang langsung datang ke Kota Batu, namun juga yang dari jauh melalui platform digital,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Batu melalui Diskumdag Batu telah berhasil menggandeng perusahaan besar sekaliber Grab, Bukalapak, dan EMTEK guna memfasilitasi pelaku UMKM di Batu.

Kerja sama itu lantas dinamai #KotaMasaDepan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memasarkan produk-produk lokal asli Batu.

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close