GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Mengurus Perpanjangan Pajak Motor 5 Tahunan di Samsat Nganjuk, Ada 8 Langkah Cepat dan Mudah

Cara Mengurus Perpanjangan Pajak Motor 5 Tahunan di Samsat Nganjuk, Ada 8 Langkah Cepat dan Mudah
Loket pembayaran/kasir di Samsat Nganjuk, Jawa Timur. (Dok. Racheve)


PEWARTA.CO.ID - Pada artikel ini Anda akan mengetahui tahapan atau langkah-langkah cara mengurus pajak motor 5 tahunan di Samsat Nganjuk, Jawa Timur.


Meski pada dasarnya cara mengurus perpanjangan pajak motor 5 tahunan alurnya sama di semua Samsat, namun khusus artikel ini lebih dikhususkan bagi pemilik kendaraan bermotor di wilayah Nganjuk karena berkaitan dengan penjelasan alur layanan yang lebih detil sesuai kondisi di kantor Samsat Nganjuk.


Mengurus pajak 5 tahunan di Samsat Nganjuk cukup mudah, sejak dari kedatangan hingga penyerahan plat nomor kendaraan.


Namun bagi yang belum pernah mencobanya tentu akan merasa kebingungan. Karenanya silakan simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini hingga tuntas.


Baca juga: Cara, Syarat, dan Biaya Perpanjangan STNK Tahun 2022 Lengkap


Alur Layanan Samsat Nganjuk untuk Pajak 5 Tahunan


Simak secara teliti langkah-langkah mengurus pajak motor 5 tahunan di Samsat Nganjuk berikut agar tidak ada yang terlewatkan.


Jika masih ada yang kurang jelas bisa langsung menghubungi pihak Samsat Nganjuk atau jangan segan bertanya pada petugas yang ada di lokasi.


1. Gesek Nomor Mesin


Begitu masuk area Kantor Samsat Nganjuk, sebelum memasuki tempat parkir Anda akan dihentikan oleh petugas yang membantu menggesek nomor mesin kendaraan Anda.


Jika sudah terlanjur parkir sebelum digesek bisa ambil kembali kendaraan Anda lalu mengulangi rute yang sama dengan mendatangi petugas tersebut dan meminta bantuan untuk menggesek nomor mesin.


Setelah nomor mesin digesek, ambil kertas gesekan tersebut lalu simpang baik-baik. Karena nomor itu nantinya penting untuk digunakan pada tahap selanjutnya.


Sebagai informasi, cek fisik nomor mesin ini sifatnya gratis alias tanpa dipungut biaya apapun.


Baca juga: Biaya Pembuatan SIM C Terbaru Mulai Oktober 2022, Simak!


2. Fotokopi KTP, STNK, dan BPKB


Selanjutnya menuju tempat fotokopi yang ada di sebelah area parkir. Serahkan KTP, STNK, dan BPKB asli kendaraan yang hendak diurus perpanjangan pajaknya kepada petugas fotokopi yang berjaga.


Setelah membayar dan mendapatkan salinan/copy-an tersebut, bawa lembaran fotokopi itu untuk menuju alur selanjutnya.


Informasi tambahan, jangan lupa membeli map warna kuning untuk mewadahi berkas-berkas Anda.


3. Mengisi Formulir Online


Silakan mengisi formulir online dengan meminta bantuan petugas. Di sana Anda bisa mengantre selagi menunggu nomor antrean dipanggil.


4. Verifikasi Online


Petugas kemudian akan membantu proses verifikasi online berdasarkan formulir yang Anda isi. Jika data valid maka bisa menuju pada alur selanjutnya.


Baca juga: Sesuai Aturan Baru, Kini Masa Berlaku SIM Jadi Lebih Lama!


5. Tunggu di Loket Formulir


Kembali ambil nomor antrean dan tunggu hingga nomor Anda dipanggil oleh petugas. Pada tahap ini petugas yang akan lebih banyak bekerja untuk validasi formulir, sedangkan Anda cukup menunggu saja sampai proses selesai.


Alur proses mengurus pajak 5 tahunan di Samsat Nganjuk, Jawa Timur
Alur proses mengurus pajak 5 tahunan di Samsat Nganjuk, Jawa Timur. (Dok. Pewarta.co.id/Abed Prasetyo)


6. Pembayaran di Kasir


Jika seluruh proses pada poin 5 tadi telah selesai, seluruh berkas dalam map kuning tadi dapat dibawa menuju ke kasir. Ambil nomor antrean yang ada di dekat pintu loket pembayaran, lalu tunggu hingga nomor giliran Anda disebut petugas kasir.


Jika telah dipanggil, datangi loket sesuai yang memanggil nomor Anda tadi. Karena di situ terdapat beberapa loket pembayaran yang berbeda-beda.


Selanjutnya, bayar sesuai nominal yang disebutkan oleh kasir. Tunggu sebentar untuk pemrosesan, dan terima bukti pembayaran serta STNK terbaru yang telah dibayarkan pajaknya.


7. Ambil Stiker Parkir


Kemudian ambil stiker parkir gratis yang berada di dekat pintu keluar. Masukkan ke dalam plastik pembungkus STNK seperti pada umumnya. Atau biasanya akan dibantu petugas untuk langkah ini.


Baca juga: Syarat dan Biaya Pembuatan SIM D dan D1 Terbaru Mulai Oktober 2022


8. Ambil Plat Nomor Terbaru


Terakhir, tumpuk STNK terbaru tadi ke meja pembuatan plat nomor kendaraan terbaru yang telah dibayarkan pajaknya.


Petugas akan memberikan nomor antrean, laku memanggil jika plat nomor telah selesai dibuat. Jika telah dipanggil, silakan ambil plat nomor tersebut tanpa perlu membayar atau mengurus apapun lagi.


Namun sebagai catatan, periksa dan cek kembali kesesuaian data di STNK dengan plat nomor terbaru tersebut. Karena berdasarkan pengalaman penulis, sempat terjadi ketidak cocokan antara kode huruf di plat dan di STNK. Alhasil, penulis harus mengulangi antrean dari awal untuk pembuatan plat nomor tersebut.


Namun jika sudah benar semua maka Anda bisa pulang dengan membawa bukti pembayaran pajak, STNK serta plat nomor fisik terbaru. Anda dapat memasang sendiri plat nomor tersebut di rumah.


Catatan khusus:

Jika ada catatan khusus dari petugas, biasanya akan disertai informasi tambahan saat berada di kasir. Pengalaman penulis, berhubung pihak Samsat Nganjuk sempat kehabisan kertas cetakan STNK, maka diberi cetakan sementara yang nantinya dapat ditukar sekitar 3-4 bukan kemudian untuk diganti dengan yang asli.


Baca juga: Cara, Syarat, dan Biaya Perpanjangan STNK Tahun 2022 Lengkap


Demikian penjelasan lengkap mengenai cara mengurus perpanjangan pajak motor 5 tahunan di Samsat Nganjuk berdasarkan realita dan pengalaman langsung penulis.


Selain dapat mengikuti proses mengurus pajak motor 5 tahunan berdasarkan penjelasan di atas, Anda juga bisa menanyakan langsung pada petugas terkait di kantor Samsat Nganjuk yang berlokasi di Jalan Anjuk Ladang, Bedingin, Sukorejo, Kec. Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64471.



Atau juga dapat menghubungi pihak Samsat Nganjuk di nomor 0813-5973-2673 (sesuai yang tercantum di GMaps Samsat Nganjuk).


Disclaimer:

Penjelasan di atas berdasarkan pengalaman penulis yang pernah mengurus langsung pajak kendaraan bermotor 5 tahunan di Samsat Nganjuk. Namun jika saat Anda mengurus di waktu berbeda dari saat artikel ini ditayangkan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Karena bukan tidak mungkin alur layanan di Samsat Nganjuk telah berubah seiring berjalannya waktu.


Itulah keseluruhan proses atau alur dari langkah mengurus perpanjangan pajak motor 5 tahunan di Samsat Nganjuk. Semoga artikel ini bisa membantu.


Jangan lupa sebarkan artikel ini agar lebih banyak warga Nganjuk yang mengetahui cara membayar pajak motor 5 tahunan dengan cara mudah dan cepat, serta terhindar dari praktik pungutan liar (pungli) dari oknum tidak bertanggung jawab.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close