GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tempe Mendoan Jadi Tema Google Doodles Hari Ini Sabtu 29 Oktober 2022

Tempe Mendoan Jadi Tema Google Doodles Hari Ini Sabtu 29 Oktober 2022
Ilustrasi bertema Tempe Mendoan masuk ke dalam Google Doodles hari ini, Sabtu, 29 Oktober 2022. (Dok. Google/Doodles)

PEWARTA.CO.ID - Google Doodles hari ini, Sabtu, 29 Oktober 2022 mengangkat Tempe Mendoan sebagai tema utama untuk dipamerkan menggantikan logo Google di peramban.


Ilustrasi Tempe Mendoan tersebut terpajang di laman pencarian saat hendak menggunakan peramban. Saat di klik, maka Google akan memunculkan hasil pencarian dengan kata kunci Tempe Mendoan tersebut.


Seluruh artikel yang terkait dengan Tempe Mendoan dapat dibaca oleh pengguna internet, mulai dari sejarah asal-usul Tempe Mendoan, aneka resep berbahan Tempe Mendoan, sampai cerita dibalik Tempe Mendoan itu sendiri melalui laman Doodles.


Dikutip dari laman Google Doodles, ilustrasi Tempe Mendoan dibuat oleh artist atau seniman digital asal Semarang, Jawa Tengah, bernama Reza Dwi Setyawan.


Baca juga: Profil Biodata Reza Dwi Setyawan, Pembuat Gambar Ilustrasi Tempe Mendoan di Google Doodles 29 Oktober 2022


Pada laman tersebut Google juga mencantumkan seluk beluk tentang Tempe Mendoan, termasuk bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.


Google menyebut, Tempe Mendoan pertama kali ditemukan di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, sekitar tahun 1600-an. Dan tercatat dalam Serat Centhini, yakni kumpulan cerita dan ajaran Jawa dua belas jilid, yang ditulis dalam syair dan diterbitkan pada tahun 1814.


Tempe Mendoan merupakan makanan yang kaya kan protein nabati yang bergizi. Usia Tempe Mendoan ditaksir telah mencapai 400 tahun sejak pertama kali ditemukan.


Baca juga: Sejarah Asal-usul Tempe Mendoan, Makanan Asli Indonesia yang Mendunia


Bahan dasar pembuatan Tempe Mendoan didominasi dari kacang-kacangan, biji-bijian, yang kemudian difermentasi dengan campuran ragi.


Masyarakat dunia biasa menyebut Tempe dengan ejaan Tempeh, di mana kerap dijadikan lauk saat menyantap nasi dan atau bersamaan dengan sayur.


Di Indonesia sendiri, Tempe Mendoan lazim dikonsumsi dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng. Dengan tambahan sedikit bumbu sebagai pelezat, Tempe Mendoan seolah sudah mendarrah daging dengan citarasa lidah orang Indonesia.


Baca juga: 5 Resep Masakan Berbahan Tempe Mendoan yang Gurih dan Cocok untuk Penyanding Nasi


Baca juga: Download Gambar Foto Tempe Mendoan GRATIS dari Freepik, Bisa untuk Desain Promosi Warung


Dengan diangkatnya Tempe Mendoan sebagai tema Google Doodles hari ini, Sabtu (29/10) tersebut, tentu menambah kecintaan kita terhadap khasanah kekayaan aneka kuliner yang ada di tanah air.


Ada rencana mengonsumsi Tempe Mendoan hari ini, sobat?



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close