GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Benarkah Rutin Cuci Motor Bisa Bikin Shockbreaker Awet? Begini Faktanya

Benarkah Rutin Cuci Motor Bisa Bikin Shockbreaker Awet? Begini Faktanya
Foto: Samsul (kiri) penjual sparepart motor di Kota Batu, Jawa Timur, sedang menjelaskan spesifikasi shockbreaker kepada konsumen. (Dok. Pewarta Jatim)

PEWARTA.CO.ID - Mencuci sepeda motor merupakan kebiasaan setiap orang agar kendaraan terlihat bersih. Namun ada juga yang beranggapan hal itu bisa membuat salah satu komponennya menjadi awet.

Salah satu komponen yang disebut bakal menjadi awet karena rutinnya mencuci sepeda motor adalah bagian shockbreaker. Benarkah demikian?

Sebenarnya korelasi antara mencuci sepeda motor dengan awetnya shockbreaker ternyata memang erat kaitannya.

Baca juga: 3 Rekomendasi Merek Oli Terbaik yang Cocok untuk Vario 110 Karbu Menurut Motopedia

Baca juga: Harga Mobil Listrik DFSK Terbaru 2023 di Bawah Rp 220 Juta, Lebih Murah dari Wuling Air EV

Hal ini sebagaimana dijelaskan Samsul yang juga sebagai pemilik toko sparepart Rama Motor di kawasan Kota Batu, Jawa Timur.

Menurutnya, rutin mencuci sepeda motor memang bisa membuat shockbreaker menjadi lebih awet dan terawat.

"Soalnya penyebab seal shock cepat rusak itu rata-rata disebabkan oleh kotoran yang menempel di bagian as shock, menggesek dan membuat seal robek," kata Samsul kepada jurnalis Pewarta.co.id.

"Kalau oli shock berkurang tentunya akan merusak komponen shock lain. Performanya pun sudah tidak akan baik lagi," imbuhnya.

Deretan produk shockbreaker dari berbagai merek yang dijual toko Rama Motor di Kota Batu, Jawa Timur
Deretan produk shockbreaker dari berbagai merek yang dijual toko Rama Motor di Kota Batu, Jawa Timur. (Dok. Pewarta Jatim)

Selain itu, jika shockbreaker dalam kondisi bocor lalu tidak segera ditangani maka berpotensi merusak bagian as shockbreaker itu sendiri.

"Jika shock sudah mulai terlihat ada rembes, jangan dibiarkan! Segera ganti seal-nya. Kalau tidak, as shockbreaker bisa kena dan baret," ujar Samsul.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Mini EV, Harga Termurah di Indonesia

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Motor Sporty Yamaha R15 2022

Karenanya Samsul menyarankan agar pemilik kendaraan bermotor untuk rajin mengecek kesehatan motornya dengan setidaknya memberi perawatan yang maksimal khususnya pada bagian shockbreaker.

Namun terkadang hal ini urung diperhatikan lantaran kondisi pemilik sepeda motor yang kelelahan pasca bekerja. Sehingga tak jarang kebersihan motor jarang diperhatikan.

"Kadang kan pemilik motor capek pulang kerja harus cuci motor. Sebaiknya bagian shockbreaker-nya saja cukup disemprot dengan air dan dilap sampai bersih. Itu sudah cukup mencegah shock cepat rusak," pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close