GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Sering Dikonsumsi Pesepakbola, Ternyata Ini Manfaat dan Khasiat Buah Pisang

Sering Dikonsumsi Pesepakbola, Ternyata Ini Manfaat dan Khasiat Buah Pisang
Pemain Manchester United Marcos Rojo kala itu kedapatan memakan buah pisang di saat pertandingan tengah berlangsung karena merasa kelelahan.

PEWARTA.CO.ID - Bagi penggemar sepak bola tentu tak asing melihat momen di mana para pemain kedapatan memakan buah pisang di saat pertandingan tengah berlangsung.


Kejadian tersebut sering menyita perhatian. Pasalnya pisang dianggap dapat memberi dampak bagi stamina pemain. Benarkah demikian?


Benar saja, ternyata pisang memang memberi pengaruh terhadap kekuatan fisik pemain yang mulai kelelahan. Kandungan gizi dalam pisang dipercaya bisa mengembalikan energi yang terkuras selama bertanding.


Selain itu, buah pisang juga memberi banyak manfaat bagi yang mengonsumsinya. Hal ini tidak terbatas baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.


Baca juga: Selalu Apes, Trent Alexander-Arnold Sebut Ada yang Tak Beres dengan Liverpool Musim Ini


Sebagaimana dilansir dari laman Universitas Medan Area (UMA), dijelaskan beberapa manfaat buah pisang bagi kondisi tubuh seseorang.


1. Vitamin C


Tak hanya jeruk, buah pisang juga memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh.


Dalam satu buah pisang dapat memenuhi 10 persen vitamin C harian tubuh.


Adapun pengaruh vitamin C ini bermanfaat untuk melindungi ketahanan tubuh terhadap kerusakan sel serta jaringan, penyerapan zat besi, memproduksi kolagen, dan menjaga kesehatan otak.


2. Vitamin B6


Kemudian, kandungan selanjutnya yang ada pada buah pisang sebagai sumber vitamin B6. Di mana pada setiap satu buah pisang yang berukuran sedang dapat memenuhi seperempat vitamin B6 harian bagi tubuh.


Fungsi dari vitamin B6 tersebut dapat menghasilkan sel darah merah, mengonversi karbohidrat dan lemak pada tubuh menjadi tenaga, metabolisme asam amino, serta membantu membersihkan ginjal dan hati dari senyawa berbahaya.


Sampai di sini sebenarnya cukup terjawab alasan mengapa para pemain sepak bola dianjurkan memakan buah pisang di sela pertandingan berjalan, yakni mengembalikan stamina yang terkuras karena intensitas permainan yang tinggi.


Namun tak hanya itu, coba simak khasiat buah pisang selanjutnya di bawah ini.


Baca juga: Wow! Barcelona Bakal Datangkan Lionel Messi pada Januari 2023


3. Memulihkan Tenaga


Ya, ini yang paling utama. Pemulihan stamina pesepakbola dapat dilakukan hanya dengan mengonsumsi buah pisang. Mengapa demikian?


Hal ini lantaran pisang dapat menjadi sumber tenaga bagi pemain. Pisang juga mengandung tiga gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa.


Ketiga kandungan gula alami itulah yang menjadi sumber pemulihan tenaga yang bebas lemak dan kolesterol.


Momen saat Jose Mourinho memberikan pisang kepada Marcos Rojo kalah masih menjadi pelatih MU
Momen saat Jose Mourinho memberikan pisang kepada Marcos Rojo kalah masih menjadi pelatih MU.


4. Mengatasi Masalah Pencernaan


Selanjutnya, pisang juga bisa mengatasi permasalahan pencernaan. Inilah mengapa bagi masyarakat secara umum sering memakan pisang saat mengalami masalah pencernaan.


Pisang kaya akan serat yang penting bagi kesehatan saluran usus. Dua serat tersebut antara lain serat larut dan tidak larut, di mana masing-masing memiliki peran yang baik bagi tubuh.


Serat larut dapat membantu tubuh mengontrol kadar gula darah serta membuang zat berlemak seperti kolesterol.


Sedangkan serat tidak larut dapat menambah berat dan kelembutan pada kotoran manusia (tinja). Inilah yang membuat pencernaan menjadi lancar dan dapat membuang kotoran secara teratur. Akibatnya usus menjadi lebih sehat karena keteraturan pembuangan tadi.


Baca juga: Minum Teh Setelah Makan Ternyata Bahaya, Ini Kata Dosen UM Surabaya


5. Sumber Kalium


Kandungan berikutnya yang tak kalah penting adalah sumber kalium. Ini cukup bermanfaat bagi kesehatan jantung dan tekanan darah.


Dalam pisang berukuran sedang terdapat kandungan sebesar 320-400 mg kalium yang memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan kalium harian bagi tubuh.


6. Mengontrol Tekanan Darah


Buah pisang mengandung rendah sodium. Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi.


Maka sebaiknya mulailah suka mengonsumsi pisang agar memiliki tekanan darah yang normal. Pisang dapat dikonsumsi sebagai hidangan pencuci mulut usai makan.


7. Menjaga Kesehatan Kulit


Terakhir, manfaat pisang yaitu dapat menjaga kesehatan kulit.


Dalam satu buah pisang berukuran sedang mengandung kurang lebih 13 persen kebutuhan mangan harian bagi tubuh.


Mangan dapat membantu tubuh untuk menghasilkan kolagen dan melindungi kulit dan sel lain asal kerusakan dampak dari radikal bebas.


Baca juga: Catat! Ini Penyebab Asam Lambung Naik Menurut dr. Zaidul Akbar


Setelah membaca 7 manfaat dan khasiat pisang di atas tentu tak hanya para atlet yang seharusnya membiasakan diri untuk memakan buah tersebut, tetapi semua yang merasa peduli terhadap kesehatan tubuh sebaiknya juga melakukan hal yang sama.


Itulah ketujuh manfaat buah pisang yang wajib diketahui. Jadi, yuk mulai membiasakan makan buah pisang demi kesehatan tubuh.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.