GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Aneka Jajanan dari Tape ini Cocok untuk Teman Ngemil, Makanan Tradisional Khas dari Bondowoso

Aneka Jajanan dari Tape ini Cocok untuk Teman Ngemil, Makanan Tradisional Khas dari Bondowoso
Pia tape, jajanan khas Bondowoso, Jawa Timur. (Dok. Web)

PEWARTA.CO.ID - Setiap daerah di Indonesia selalu memiliki makanan khas yang merepresentasikan identitas kawasan tersebut. Tak terkecuali Bondowoso, Jawa Timur.


Bondowoso terkenal dengan jajanan tradisional khas yakni tape, sebuah kudapan yang terbuat dari fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi.


Umumnya, tape bisa langsung dimakan begitu saja tanpa diolah menjadi beraneka ragam penganan. Namun, beda halnya di Bondowoso.


Salah satu kabupaten di Jawa Timur itu memiliki ragam olahan penganan yang memanfaatkan tape sebagai bahan dasarnya.


Baca juga: Daftar Kuliner Ini Namanya Bikin Mikir Jorok, Ada Memek Basah, Kontol Kejepit, dan Turuk Bintul


Berikut ini aneka jajanan khas Bondowoso yang mengkreasikan tape menjadi makanan tradisional bercitarasa tinggi yang tentunya cocok buat teman ngemil.


1. Pia Tape


Siapa sangka jika tape juga bisa dibuat menjadi pia. Tape menjadi bahan dasar dalam membuat kue yang satu ini.


Dikutip dari MoccaaPedia, pia tape tersebar di luar di beberapa tempat di Bondowoso, sehingga mudah untuk mendapatkannya.


Harganya pun cukup terjangkau, yakni hanya seharga Rp 20.000 saja sudah bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta.


2. Suwar Suwir


Mungkin belum banyak yang mendengar nama makanan yang satu ini. Untuk diketahui, Suwar Suwir merupakan makanan khas Bondowoso yang bentuknya hampir mirip seperti jenang dodol.


Harga jual Suwar Suwir tergantung ukuran kemasannya. Termurah Suwar Suwir dihargai Rp 10.000, dan yang termahal hanya Rp 20.000 saja.


Baca juga: Sejarah Asal-usul Sempol Malang, Siapa yang Menciptakan Pertama kali?


3. Tape Manis


Kemudian ada tape manis yang sudah terkenal sebagai jajanan khas Bondowoso.


Penjualan tape manis Bondowoso terbilang cukup tinggi dan tak lekang oleh waktu.


Kehadirannya juga mudah ditemukan di berbagai kota di Jawa Timur. Biasanya tape manis khas Bondowoso dijual menggunakan mobil pickup yang berkeliling atau tersedia juga di toko oleh-oleh.


Itulah 3 jajanan khas Bondowoso yang terbuat dari tape. Dengan begitu, makan tape tidak hanya bisa dinikmati dengan cara yang biasa-biasa aja, kan?


Selain ketiga jajanan di atas, sebenarnya masih banyak ragam penganan khas Bondowoso yang bisa dicoba. Tetapi setidaknya bisa menyempatkan diri dulu untuk mencoba 3 kuliner di atas daripada penasaran. Selamat mencoba!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close