GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Hati-Hati! Inilah 4 Dampak Buruk OpenAI ChatGPT Bagi Kehidupan Manusia, Netizen Wajib Tahu!

Hati-Hati! Inilah 4 Dampak Buruk OpenAI ChatGPT Bagi Kehidupan Manusia, Netizen Wajib Tahu!
Ilustrasi Robot ChatGPT


PEWARTA.CO.ID - Rasanya sudah asing lagi ditelinga kita tentang viralnya sebuah teknologi AI bernama ChatGPT. Berita ini viral dimana-mana karena kemampuan platform ini yang bisa membantu banyak orang menyelesaikan pekerjaannya. Mulai dari membuat surat hingga menyelesaikan soal ujian.


Bahkan, tidak sedikit netizen yang memberikan prediksi bahwa ChatGPT akan menggantikan google di masa depan sebagai mesin pencarian terbesar saat ini.


Namun, dibalik berbagai macam kemudahan yang dibawa oleh OpenAi ChatGPT, ternyata ada dampak buruk yang kehidupan manusia, yang mungkin tidak disadari oleh sebagian besar manusia.


Namanya sebuah alat, maka efeknya akan sangat tergantung pada siapa dibalik pengguna alat tersebut. Begitu pula alat ChatGPT ini, jika digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bisa jadi menimbulkan efek buruk yang besar bagi kehidupan manusia.


Baca juga: Mengenal ChatGPT yang Belakangan Viral, Apa Kelebihan dan Kekurangannya


Apa saja dampak buruk yang mungkin terjadi dari penggunaan ChatGPT bagi manusia? Berikut ini adalah beberapa rangkumannya yang dikutip dari Mashable.


1. Berpotensi Meciptakan Malware


Penyalahgunaan ChatGPT bisa berpotensi melahirkan malware dengan daya kerusakan yang lebih berat dan merugikan kehidupan manusia. ChatGPT bisa memberikan respon terhadap koding tertentu yang mana ini bisa diolah oleh para hacker untuk membuat kode malware agar sulit dideteksi.


Baca juga: Mengenal ChatGPT yang Belakangan Viral, Apa Kelebihan dan Kekurangannya


2. Bisa Digunakan untuk Mencontek


Kemampuan ChatGPT untuk menjawab berbagai macam pertanyaan, bisa juga digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah, bahkan ujian sekolah.


Itulah kenapa, universitas di Perancis serta Departemen Pendidikan New York City memberikan aturan untuk melarang seluruh mahasiswa serta siswanya mengakses chatbot ChatGPT.


3. Mengelabuhi HRD


Ada sebuah berita yang dilaporkan bahwa terdapat tulisan yang dibuat oleh ChatGPT dalam proses melamar sebuah pekerjaan. hasilnya pun cukup mengejutkan karena 80 persen pelamar kerja yang lainnya berhasil dikalahkan.


Inilah salah satu kemampuan luar biasa ChatGPT yang mampu memilih dan memilah kata kunci yang bisa menarik perhatian para perekrut.


Baca juga: Pemahaman ChatGPT: Dari Trending Topic hingga Cara Penggunaannya


4. Menggantikan Pekerjaan Penulis


Dikabarkan dengan kemampuan yang serba bisa ini, ChatGPT akan menggantikan peran dari para penulis manual. Walaupun secara fakta dilapangan, hasil respon yang diberikan ChatGPT tidak sepenuhnya sempurna. Masih sering terjadi misinformasi dan bias dalam merespon sebuah perintah.


Itulah beberapa prediksi terkait dampak buruk penggunaan OpenAI ChatGPT bagi kehidupan manusia. Maka dari itu dibutuhkan manusia dengan kesadaran yang tinggi agar bisa mempergunakan setiap teknologi yang hadir dengan lebih bijak sesuai dengan fungsinya masing-masing.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close