GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Mengenal ChatGPT yang Belakangan Viral, Apa Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal ChatGPT yang Belakangan Viral, Apa Kelebihan dan Kekurangannya
Ilustrasi Robot ChatGPT


PEWATRTA.CO.ID - Semakin hari, dunia teknologi semakin berkembang begitu pesatnya, dengan munculnya platform AI yang bisa diakses secara bebas oleh semua orang. Salah satu platform AI yang sedang viral belakangan ini adalah ChatGPT. 


ChatGPT adalah nama yang sudah asing lagi, beritanya begitu viral di berbagai sosial media. Lalu, sebenarnya apa sih ChatGPT itu? Anda sudah tahu belum?


ChatGPT adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh OpenAI, yang memiliki kemampuan untuk mengenerate teks, menjawab pertanyaan, membuat sebuah artikel, memberikan rekomendasi judul tertentu, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.


Platform AI ini didesain untuk memahami banyak hal serta dilengkapi dengan pengetahuan yang cukup luas. Sehingga, saking luasnya database yang tersimpan, ChatGPT ini seolah-olah hidup di dunia nyata bagaikan seorang asisten profesional.


Simpelnya, ChatGPT adalah sebuah tempat dimana Anda bisa mendapatkan sebuah informasi dengan sangat cepat berbentuk teks interaktif. User hanya perlu memasukkan beberapa kata kunci saja di kolom yang sudah tersedia, maka ChatGPT akan menjawab permintaan tersebut sesuai dengan database yang sudah dikumpulkan.


Baca juga: Pemahaman ChatGPT: Dari Trending Topic hingga Cara Penggunaannya


Walaupun teknologi ini nampak sempurna, namanya sebuah alat teknologi buatan manusia, pastilah ada kekurangan serta kelebihannya. Lalu, apa kelebihan dan kekurangan dari platform ChatGPT yang lagi viral ini?


Kelebihan Platform Chatbot ChatGPT


1. User Friendly


Tampilan depan dari platform ini sangat simpel dan sederhana, tidak terlalu banyak tombol yang membuat bingung. Sehingga penggunaan platform bisa dibilang sangat mudah, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.


2. Hasil Teks Natural


Aplikasi semacam ini, biasanya akan memberikan hasil yang agak kaku dan nampak sekali bahwa itu adalah hasil olahan robot. Namun, itu tidak terjadi pada platform ChstGPT ini. Bahkan bisa dikatakan, hasilnya cukup memuaskan, dan sangat terkesan natural sekali, seperti hasil tulisan seorang manusia.


Konten yang dihasilkan unik dan berkualitas. Bahkan bahasa yang digunakan pun sangat mudah untuk dipahami, baik ketika menggunakan bahasa formal maupun ketika menggunakan bahasa informal.


Baca juga: Apa itu ChatGPT dan Dampaknya Bagi Penulis Artikel Manual


3. Database Cukup Besar


Platform ini di desain dengan input informasi yang sangat luas. Sehingga memungkinkan untuk memberikan jawaban atau tanggapan yang cukup relevan serta akurat terhadap pertanyaan yang diajukan oleh user. 


Kelemahan Chatbot ChatGPT


1. Tidak Memahami Konteks


Walaupun ChatGPT ini didesain dengan begitu sempurna, namun tetap saja yang namanya robot tetaplah akan menjadi robot. Sehingga dalam beberapa kasus, hasil yang dimunculkan terkadang tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan.


Sehingga user harus memberikan perintah yang lebih spesifik agar platform AI ini bisa memberikan jawaban pengganti yang lebih tepat sesuai dengan konteks yang dimaksudkan oleh user. 


Kadang juga masih muncul beberapa bug serta error ketika menjawab perintah dari user. Hal ini disebabkan karena semua data yang ada di internet akan diserap semuanya, sehingga tidak bisa difilter mana informasi yang akurat dan mana informasi yang hoax.


Baca juga: Meresahkan Para Dosen, AI ChatGPT Lulus Ujian dengan Nilai Tinggi di Universitas AS


2. Membutuhkan Koneksi Internet


Dibutuhkan jaringan internet yang stabil untuk bisa mengakses platform AI ChatGPT ini. Jika koneksi tidak stabil, akan banyak menampilkan bug dan efeknya hanya akan membuat user agak kesal.


3. Tidak Memahami Kata Abstrak


Untuk beberapa kasus khusus, hasil dari ChatGPT ini tidak bisa memahami kata abstrak yang dimaksudkan oleh user. Tentunya hal ini disebabkan karena keterbatasan data yang sudah diserap. Terlebih lagi, data yang bisa dimunculkan maksimal adalah data tahun 2021. Sehingga untuk memaknai kata abstrak di tahun 2022 ke atas, chatbox ini masih banyak kesalahan.


Demikianlah beberapa kelebihan serta kekurangan dari platform AI ChatGPT. Secara keseluruhan, tentunya ChatGPT ini dibuat untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia dan merupakan sebuah inovasi yang sangat cerdas. Namun yang namanya robot, tetaplah akan menjadi robot yang pastinya akan memiliki keterbatasan yang perlu diupgrade setiap saat sesuai dengan perkembangan zaman.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close