GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Pemahaman ChatGPT: Dari Trending Topic hingga Cara Penggunaannya

Pemahaman ChatGPT: Dari Trending Topic hingga Cara Penggunaannya
Ilustrasi ChatGPT

Akhir-akhir ini, sangat viral berita terkait ChatGPT di berbagai macam sosial media, baik itu Facebook, TikTok, Instagram dan juga Twitter. Hal ini tentu saja karena kemampuan luar biasa yang ditunjukkan oleh OpenAi ChatGPT di dalam merespon sebuah permintaan. 


Bagi yang belum tahu, ChatGPT adalah sebuah teknologi berbasis chatbot yang dibekali dengan teknologi AI atau Artificial Intelligence, sehingga bisa melakukan semacam interaksi dengan user layaknya seorang asisten profesional di bidangnya.


Respon yang diberikan sangat relevan dengan apa yang diinginkan oleh user, serta sangat fleksibel untuk format bahasa yang digunakan. Chatbot ini bisa menjawab menggunakan bahasa formal maupun bahasa gaul yang sering digunakan oleh anak muda.


Uniknya, Anda tidak hanya bisa meminta sebuah jawaban atas pertanyaan tertentu, namun Anda juga bisa menyuruh ChatGPT untuk membuatkan sebuah puisi misalnya. Hasilnya pun cukup mengejutkan, karena struktur yang digunakan untuk membuat puisi termasuk struktur kata yang baik. Bahkan tidak tampak jika itu adalah hasil pekerjaan robot.


Baca juga: Apa itu ChatGPT dan Dampaknya Bagi Penulis Artikel Manual


Baca juga: Fitur ChatGPT, Memanjakan atau Membuat Efek Ketergantungan?


Chatbot ChatGPT ini bekerja berdasarkan teknologi GPT-3.5 yang merupakan model bahasa alami hasil dari proses pembelajaran metode deep learning. 


Walaupun banyak orang yang kagum dengan teknologi AI ini, namun yang namanya alat, pastilah tetap memiliki kekurangan di beberapa tempat. Maka dari itu, tak jarang dalam penggunaannya rentan juga muncul bias serta misinformasi.


Namun, hal itu adalah sebuah hal yang wajar sebagai sebuah teknologi yang baru lahir. Butuh pengembangan serta penyempurnaan di berbagai tempat sampai mencapai titik ideal.


Baca juga: Mengenal ChatGPT yang Belakangan Viral, Apa Kelebihan dan Kekurangannya


Baca juga: Hati-Hati! Inilah 4 Dampak Buruk OpenAI ChatGPT Bagi Kehidupan Manusia, Netizen Wajib Tahu!


Cara Menggunakan ChatGPT


Tertarik untuk mencoba platform ChatGPT ini? Tenang, platform ini sangatlah user friendly, tidak terlalu banyak tombol yang akan membuat Anda jadi bingung. Tampilannya sangat sederhana, bahkan bisa dipahami oleh anak-anak sekalipun.


Berikut ini akan kami bagikan langkah-langkah dalam penggunaan chatbot OpenAI ChatGPT, silahkan disimak ya.

  1. Buka browser Anda lalu ketik saja https://chat.openai.com/ dan lakukan login. Jika Anda belum memiliki akun, maka Anda bisa klik tombol sign up terlebih dahulu. Jika ingin praktis, login saja menggunakan akun gmail milik Anda.
  2. Isikan data sesuai permintaan. Langkah ini bisa Anda skip, ketika memilih login menggunakan email, semua data akan langsung terisi dengan otomatis.
  3. Step berikutnya adalah melakukan verifikasi akun ChatGPT yang otomatis akan terkirim ke inbox email Anda. Cukup klik saja link verifikasi yang dikirimkan.
  4. Setelah verifikasi, Anda bisa langsung login ke akun ChatGPT.
  5. Selesai. Anda bisa langsung mencoba memberikan sebuah perintah pada kolom yang tersedia lalu lihatlah respon yang dihasilkan oleh platform AI ini.

Platform chatbot OpenAI ChatGPT ini dibuat untuk memberikan kemudahan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, banyak sekali fitur yang disematkan dalam AI ini, sehingga akan membuat sebuah pekerjaan jadi lebih cepat selesai. Silakan gunakan dengan bijak dan bertanggung jawab, agar Anda tidak sepenuhnya bergantung pada platform ChatGPT ini.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close