GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Ternyata Kepribadian Psikopat Bisa Dikenali Melalui Makanan dan Minuman Kesukaannya, Apa Saja?

Ternyata Kepribadian Psikopat Bisa Dikenali Melalui Makanan Kesukaannya, Apa Saja?
Ilustrasi. Orang berkepribadian psikopat. (Dok. Web)

PEWARTA.CO.ID - Kepribadian psikopat kerap tersamarkan saat berada di tengah lingkungan sosial. Hal inilah yang membuat keberadaan mereka sering tidak diketahui dan sangat membahayakan.


Perlu diketahui, kepribadian psikopat merupakan gangguan yang ditandai dengan pola manipulasi terhadap orang lain.


Dalam definisi ilmu psikiatri, gangguan kejiwaan psikopat mengacu pada seseorang dengan Antisocial Personality Disorder (ASPD).


Meski sering tidak disadari keberadaannya, namun sebuah studi menjelaskan jika kepribadian seorang psikopat dapat dikenali melalui makanan dan minuman kesukaannya. Kok bisa?


Para peneliti di Universitas Innsbruck Austria mengungkapkan, mereka dapat mengetahui sifat seseorang terlebih yang berjiwa psikopat dengan menilai makanan apa yang kerap mereka konsumsi. Survei ini melibatkan 953 orang di Amerika.


Para responden ditanyai terkait keberpihakan mereka terhadap makanan dan minuman dengan karakteristik asam, manis, asin, dan pahit.


Baca juga: 3 Fakta Kepribadian Introvert yang Selama Ini Keliru Dipahami, Ternyata Cuma Mitos!


Selain itu, responden juga diberi empat pertanyaan berkaitan dengan kepribadian antisosial seperti psikopat, narsisme, agresi, dan sadisme.


Melalui survei itu, para peneliti menemukan fakta bahwa kecenderungan orang-orang yang menyukai makanan atau minuman berasa pahit memiliki relevansi terhadap karakteristik sadisme.


Adapun makanan dan minuman pahit tersebut seperti kopi, lobak, bir, air tonic, dan seledri.


Dalam mempelajari preferensi makanan tersebut, penelitian lain yang dilakukan Sagioglou dan Greitemeyer juga menemukan hubungan antara preferensi rasa pahit dengan sifat kejam.


Baca juga: Tentang Kepribadian Ambivert, Perpaduan Antara Introvert dan Ekstrovert


Sagioglou dan Greitemeyer mencatat bahwa supertasting, yang didefinisikan sebagai peningkatan kepekaan terhadap rasa pahit, berkaitan dengan tingkat emosi yang lebih tinggi pada manusia. Hal yang sama juga ditemukan pada binatang tikus.


Sementara itu, rasa-rasa lain juga menunjukkan karakteristik seperti apa sifat seseorang, seperti rasa manis misalnya, yang ternyata cenderung mewakili sikap orang berkepribadian ramah.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close