GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Cek Jadwal Imsakiyah Seluruh Kota di Indonesia Mudah dan Cepat Hanya Lewat HP

Cara Cek Jadwal Imsakiyah Seluruh Kota di Indonesia Mudah dan Cepat Hanya Lewat HP
Cara cek jadwal Imsakiyah seluruh kota di Indonesia lewat HP

PEWARTA.CO.ID - Bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa tentu memerlukan jadwal imsakiyah agar tidak ketinggalan dalam menentukan waktu sahur.


Pasalnya, imsakiyah atau waktu imsak merupakan waktu penanda menjelang berakhirnya jam sahur hingga menuju waktu sholat Subuh.


Dengan demikian pola makan dan durasi bersantap sahur akan lebih teratur menyesuaikan jam bangun tidur sehingga tidak perlu terburu-buru.


Lain dulu lain pula sekarang, di mana mengecek jadwal imsakiyah tidak hanya mengandalkan musholla atau masjid saja. Tetapi bisa juga diketahui sebelumnya melalui ponsel pintar atau smartphone pribadi.


Selama perangkat gawai terkoneksi dengan internet, maka jadwal imsakiyah bisa di cek berdasarkan hari, tanggal, jam, bahkan pada masing-masing kita di Indonesia secara keseluruhan.


Cara ini dipercaya sebagai yang tercepat dalam melihat waktu imsak untuk masing-masing wilayah. Sehingga dari ujung Sabang sampai Merauke bisa mengetahui kapan waktu imsak dan Subuh, sampai waktu berbuka puasa hanya melalui perangkat telepon genggam milik mereka.


Lalu, bagaimana cara cepat mengecek jadwal imsakiyah tersebut? Berikut ini penjelasannya.


Cek Jadwal Imsakiyah via Aplikasi Smartphone


Di ponsel Android maupun iPhone sudah banyak tersedia aplikasi untuk mengecek jadwal imsakiyah dengan mudah dan cepat.


Hampir semua daftar aplikasi tersebut juga kompatibel untuk seri HP keluaran terbaru. Di mana cara mendapatkannya juga sangat mudah serta gratis, baik diunduh lewat PlayStore ataupun AppStore.


Adapun beberapa rekomendasi aplikasi mengecek jadwal imsakiyah tersebut antara lain:


1. Muslim Pro


Pengembang: Bitsmedia

Ukuran aplikasi: 33 MB

Rating: 4,5/5


2. Athan Pro


Pengembang: Quanticapps

Ukuran aplikasi: 42 MB

Rating: 4,4/5


Baca juga: Cara Cek Waktu Berbuka Puasa Seluruh Kota di Indonesia Lewat HP


3. Al Quran Indonesia


Pengembang: Andi Susilo

Ukuran aplikasi: 21 MB

Rating: 4,8/5


4. Umma


Pengembang: Umma

Ukuran aplikasi: 47 MB

Rating: 4,7/5


5. Muslim Go


Pengembang: Media 365 Company

Ukuran aplikasi: 12 MB

Rating: 4,6/5


Baca juga: 4 Website Tempat Download Twibbon Tema Ramadhan 2023, Mudah Cara Buatnya


Cek Jadwal Imsakiyah via Website


Jika di atas disebutkan sejumlah aplikasi pengecekan jadwal imsak yang terpercaya, maka cara lainnya adalah mengecek waktu imsak lewat website resmi pemerintahan maupun yang disediakan pengembang umum.


Adapun contoh website rujukan untuk mengetahui jadwal imsak, waktu sholat, hingga penentuan jam adzan bisa mengunjungi website Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).


Situs resmi Kemenag RI sudah barang tentu menyajikan informasi jadwal imsak yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Karena situs inilah yang juga digunakan oleh hampir semua perusahaan media dalam menyiarkan jadwal imsak kepada masyarakat.


Kemenag RI sendiri memiliki kanal website khusus yang menyajikan info jadwal sholat, adzan, imsak, sampai jadwal puasa yang diberi nama BimasIslam, yakni akronim dari Bimbingan Masyarakat Islam.


Untuk menggunakan kanal BimasIslam di website Kemenag RI juga cukup mudah, yakni sebagai berikut:


- Buka alamat URL https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah


- Pilih provinsi


- Pilih kabupaten/kota


- Pilih tahun, jika mengacu pada ramadhan tahun ini maka silakan pilih opsi 1444 H/2023 M.


Selain itu, cara paling mudah lainnya adalah dengan menggunakan fitur pencarian Google, di mana jika diketikkan kata kunci jadwal imsak yang diikuti nama kota, maka akan tampil hasil sesuai yang diinginkan. Contoh; jadwal imsak DKI Jakarta, maka akan muncul lengkap waktu imsakiyah yang berlaku untuk DKI Jakarta dan yang sewaktu.


Itulah cara mudah cek jadwal imsakiyah hanya lewat HP atau perangkat teknologi lain seperti komputer/PC dan juga laptop. Kini mengetahui jam sholat juga semakin cepat dilakukan sejak hadirnya website dan aplikasi-aplikasi tersebut. Selamat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 2023 ini ya!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close