GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Membuat Cerita Liburan Sekolah yang Mudah dan Sederhana, Pakai Format Ini

Cara Membuat Cerita Liburan Sekolah yang Mudah dan Sederhana, Pakai Format Ini
Ilustrasi. Pelajar sekolah bercerita di depan kelas. (Dok. Web)

PEWARTA.CO.ID - Tugas membuat cerita liburan sekolah umumnya diberikan guru kepada siswanya saat kembali dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dilakukan untuk mengasah kemampuan pelajar dalam menceritakan pengalamannya kepada siswa lainnya.

Cerita liburan sekolah biasanya disampaikan melalui presentasi di depan kelas, format rekaman video, atau cukup dalam tulisan model rangkuman.

Tak ayal berbagi cerita liburan sekolah menjadi hal yang paling menyenangkan dilakukan. Namun tak sedikit yang merasa panik karena takut kurang fasih dalam menuturkan cerita di depan teman-temannya.

Tenang saja, dalam artikel ini kalian dapat mencontoh format membuat cerita tentang liburan dengan paragraf yang singkat namun mudah dipahami.

Tujuannya, dengan menggunakan format berikut dapat memudahkan para pelajar dalam menyusun rangkaian paragraf cerita liburan berdasarkan kerangka yang tersedia.

Cara membuat cerita liburan sekolah sebenarnya cukup mudah, di mana kalian cuma perlu menguasai kerangka lalu menambahkan informasi yang relevan pada masing-masing bagan.

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan tema

Tema adalah konsep secara keseluruhan yang menjelaskan tentang apa yang ada dalam alur ceritamu.

Jika contohnya adalah liburan sekolah, maka tema yang diangkat adalah pengalaman seru mengenai kegiatan selama mengisi waktu liburan tersebut.

Baca juga: Contoh Format Tugas Membuat Cerita Tentang Liburan, Ringkas dan Mudah Dipahami

2. Pilih judul yang menarik

Penggunaan judul adalah menyebutkan secara lebih spesifik dari tema yang telah ditentukan tadi. Misalnya, pengalaman liburan menjadi lebih seru dengan adanya sesuatu. Nah, sesuatunya itu adalah pemancing rasa penasaran yang mewakili keseluruhan cerita.

3. Sebutkan subjek dan objek

Cantumkan siapa dan apa saja yang ada dalam ceritamu. Biasanya ini berkaitan dengan orang dan jenis kegiatan yang dijelaskan secara rinci.

4. Jelaskan predikat waktu dan tempat

Adapun cerita yang dapat diterima dengan baik oleh pembaca maupun pendengar adalah yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal itu bisa digambarkan melalui penjelasan kapan waktu pelaksanaan, serta tempat berlangsungnya kegiatan.

5. Tutup dengan kesimpulan

Selanjutnya akhiri cerita dengan kesimpulan berupa kesan dan pesan akan cerita itu. Buat penutup yang baik agar audiens tertarik untuk melakukan hal yang sama saat waktu liburan selanjutnya.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Liburan Sekolah 2023: Jatim Park Group Punya Semua yang Dibutuhkan Wisatawan

Contoh Cerita Liburan Sekolah

Langsung saja, inilah contoh cerita pengalaman liburan sekolah yang bisa kalian tambahkan sendiri detil seperti subjek, objek, lokasi, dan waktu seperti kerangka di atas. Tentunya lebih menghemat waktu pengerjaan karena hanya tinggal menyalin setelahnya.

**

Halo teman-teman, senang kembali bertemu kalian. Kali ini izinkan saya menceritakan pengalaman liburan sekolah yang belum lama ini sama-sama kita rasakan.

Ada beberapa kegiatan yang saya lakukan, salah satunya yang paling berkesan adalah (sebutkan jenis kegiatan), yang saya lakukan di (sebutkan nama tempat/lokasi).

Saya mengisi waktu liburan sekolah dengan kegiatan itu dari (sebutkan awal waktu pelaksanaan kegiatan) sampai dengan (sebutkan akhir waktu pelaksanaan), bersama dengan (sebutkan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan).

Mungkin di antara teman-teman di sini ada yang merasa tertarik untuk mengikuti hal tersebut, saya harap dapat melakukannya bersama dengan kalian di kesempatan liburan sekolah selanjutnya.

Demikian cerita singkat saya tentang pengalaman liburan sekolah, semoga dapat menginspirasi. Terima kasih.

**

Nah, dengan menggunakan contoh di atas, maka cerita tentang liburan sekolah bisa menjadi lebih seru dan menarik diterima oleh audiens.

Jika kesulitan membuat rangkai kata demi kata sendirian, tidak ada salahnya menyalin format di atas lalu kalian isi pada bagian yang ditandai dengan warna hijau dengan jenis kegiatan dan informasi yang dibutuhkan sesuai pengalaman kalian.

Demikian cara membuat cerita liburan sekolah menggunakan format yang singkat dan mudah dipahami. Selamat bercerita!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close