GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Mengajar Anak TK untuk Guru Pemula, Murid Nurut Anti Rewel

Cara Mengajar Anak TK untuk Guru Pemula, Murid Nurut Anti Rewel
Ilustrasi. Guru TK cantik viral. (Dok. Tribun Style)

PEWARTA.CO.ID - Menjadi guru adalah profesi yang mulia. Dari jasa seorang guru akan lahir generasi emas di masa depan dengan bekal ilmu yang mumpuni.

Ada berbagai macam tingkatan sekolah di Indonesia, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Otomatis profesi guru juga menyesuaikan tingkatan tersebut berdasarkan level usia para siswa.

Dari sekian banyak guru, mungkin guru TK adalah yang paling banyak 'diuji' kesabarannya. Pasalnya, guru TK harus menghadapi puluhan murid dari kalangan anak-anak.

Bagi guru profesional mungkin tak ada masalah jika harus menghadapi para bocah-bocah tersebut dengan teknik yang ia kuasai, mulai dari kesabaran, ketelatenan, hingga keuletan. Namun, bagaimana jika yang menghadapi tersebut masih berstatus sebagai guru TK pemula?

Menarik untuk diketahui, karena dari artikel ini akan bisa Anda simak tips cara mengajar anak TK untuk guru pemula. Bukan hanya soal kesabaran, tetapi menguasai teknik yang barangkali belum diterapkan dalam 'menjinakkan' aktivitas puluhan murid tersebut sehingga tak jarang membuat si guru lelah.

Lantas, apa saja tips cara mengajar anak TK bagi guru pemula? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Mengajar Anak TK untuk Guru Pemula

Dikutip dari situs Guru Mengajar, setidaknya ada 5 poin dari sekian banyak tips yang harus diperhatikan jika Anda termasuk seorang guru TK pemula.

Seluruh poin berikut merupakan kiat dalam menjalani profesi guru TK khususnya yang baru saja memulai karir tersebut, dengan kata lain masih berstatus sebagai guru TK pemula. Apa saja yang harus dilakukan?

1. Mengenal karakter anak

Hal pertama yang harus dikuasai mengenai cara mengajar anak TK adalah dengan mengenali karakteristik si bocah.

Memang berat tugas guru TK apalagi yang masih pemula. Karena bukannya mengenali karakter satu anak saja tetapi harus bisa menguasai semua murid dalam satu kelas yang sudah pasti dengan karakteristik yang berbeda.

Namun lambat laun hal itu akan bisa dikuasai dengan sendirinya seiring berjalannya waktu proses belajar.

Seorang guru tidak bisa memaksakan kehendaknya sendiri tanpa mengetahui karakter murid. Sehingga penting sifatnya untuk mengenali karakter tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Cerita Liburan Sekolah yang Mudah dan Sederhana, Pakai Format Ini

2. Buat modul pembelajaran yang jelas

Sebelum menjalani serangkaian kegiatan belajar-mengajar, pastikan dulu apa materi yang hendak diberikan kepada siswa.

Meski sebagai guru profesional pun tetap harus memiliki program pembelajaran yang jelas, tidak hanya berlaku bagi guru pemula.

Dengan modul yang dipersiapkan matang tersebut nantinya akan membantu program kerja guru sejak awal hingga akhir.

3. Gunakan media pembelajaran interaktif

Mengingat sekolah TK adalah zonanya anak-anak, maka setiap aktivitas harus menyenangkan. Karenanya gunakan media pembelajaran interaktif agar proses belajar-mengajar semakin seru bagi anak-anak.

Adapun contoh media interaktif yang dimaksud seperti bermain game dengan melibatkan seluruh murid, bermain tebak-tebakan, lomba ketangkasan, dan lain sebagainya.

4. Bangun suasana yang menyenangkan

Masih erat kaitannya dengan poin sebelumnya, di mana membangun suasana yang menyenangkan adalah tugas utama guru TK khususnya yang pemula.

Hal ini bisa membuat jalinan antara siswa dan guru menjadi lebih erat. Karena membangun suasana bisa diwujudkan dengan membangun chemistry terlebih dahulu.

Baca juga: Contoh Format Tugas Membuat Cerita Tentang Liburan, Ringkas dan Mudah Dipahami

5. Jangan segan beri pujian kepada siswa

Jika mendapati ada murid yang pandai, cerdas, dan tangkas, jangan segan untuk memberinya pujian. Hal ini bermanfaat positif pada tumbuh kembangnya sebagai anak-anak.

Termasuk akan menjadi role model bagi teman-temannya yang lain agar termotivasi untuk meraih hal yang sama atau bahkan lebih.

Itulah beberapa poin beserta ulasan tentang cara mengajar anak TK untuk guru pemula. Dengan tips-tips tersebut diharapkan bisa menjadikan murid penurut kepada guru, dan tidak lagi rewel saat di kelas.

Untuk penjelasan beberapa poin lainnya mengenai cara mengajar anak TK bagi guru pemula bisa dibaca selengkapnya pada situs GuruMengajar.com. Semoga membantu, ya!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close