GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Logo IKN Karya Desainer Grafis Malang Tembus 5 Besar, Sutiaji: Luar Biasa!

Logo IKN Karya Desainer Grafis Malang Tembus 5 Besar, Sutiaji: Luar Biasa!
Desainer grafis asal Malang, Dimas Fakhrudin, berhasil lolos 5 besar penjurian seleksi logo IKN bertema Tridaya.

PEWARTA.CO.ID - Sayembara pemilihan logo Ibu Kota Negara (IKN) telah memasuki tahap 5 besar setelah menyisihkan 500-an karya.


Satu di antara 5 besar tersebut merupakan karya desainer grafis asal Malang, Dimas Fakhrudin.


Pria yang juga pemilik Yumakiso Studio itu berhasil menembus 5 besar dan mendapat apresiasi dari sejumlah pihak, salah satunya Wali Kota Malang Sutiaji.


“Alhamdulillah bangga, sangat ndredeg (gemetaran) juga, dan sebenarnya tidak menyangka bisa lolos sepuluh besar, kemudian lanjut sampai lima besar sekarang ini. Kebanggaan tersendiri tentunya bisa ikut andil dalam merancang identitas Ibu Kota Nusantara,” kata Dimas saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (6/4/2023).


Dimas memang berprofesi sebagai desainer grafis profesional. Akademisi Universitas Brawijaya (UB) Malang itu juga merupakan Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang.


Baca juga: Sayembara Logo IKN, Karya Pemuda Asal Malang Ini Tembus 5 Besar


Konsep Logo IKN Dimas Fakhrudin


Dalam pesannya Dimas Fakhrudin menjelaskan konsep logo IKN yang ia buat. Logo tersebut mengusung konsep yang diberi nama Tridaya.


Menurutnya, Tridaya merupakan representasi dari IKN yang mengusung semangat persatuan sebagai kota dunia berinteggritas dan berdaya saing.


Logo yang digambarkan membentuk pola bintang di sisi tengahnya. Ikon bintang dengan lima sudut lancip itu kata Dimas, untuk menegaskan representasi dari Pancasila sebagai pondasi IKN.


“Saya memilih bentuk sirkular sebagai representasi pergerakan kolektif masyarakat Indonesia. Logo ini harapannya mewakili harmoni dalam kemajuan peradaban Indonesia,” jelasnya.


Baca juga: AADK Coffee & Eatery: Lokasi, Harga Menu, dan Fasilitas, Tempat Ngopi Terbaru di Malang 2023


Dimas mengaku menjalani proses kreatif yang tak mudah dalam menciptakan karya logo tersebut. Bahkan memakan waktu hingga 2 bulan untuk mendapatkan hasil akhir dari logo IKN itu.


Tanggapan Wali Kota Malang Sutiaji


Mengetahui prestasi warganya berhasil menembus seleksi nasional dalam sayembara logo IKN, Wali Kota Malang Sutiaji memberikan apresiasi.


Ia mengaku bangga ada warga Malang yang bisa bersaing skala nasional utamanya dalam pemilihan logo IKN ini.


“Luar biasa. Saya doakan yang terbaik. Tentu ini sebuah kebanggaan, bahwa Pak Presiden memilih salah satu nominasinya mas Dimas dari Kota Malang. Ini sekaligus testimoni kreativitas yang super dari Malang untuk Indonesia dan dunia. Ayo kita dukung dan voting bareng,” kata Sutiaji.


Baca juga: IAIN Kudus Maksimalkan V Class untuk Mudahkan Perkuliahan Jarak Jauh


Untuk diketahui, proses seleksi logo IKN juga dihitung berdasarkan voting yang melibatkan responden secara daring.


Bagi masyarakat yang ingin ikut serta memberikan suara dalam memilih logo IKN yang dianggap paling pas, maka bisa memberikan voting pada situs https://ikn.go.id/.


Perlu diingat, batas waktu voting ditutup sampai 20 Mei 2023 mendatang.


Menariknya, ada hadiah khusus bagi masyarakat yang menyalurkan suaranya pada voting tersebut. Di mana bagi yang beruntung akan mendapatkan puluhan unit motor listrik bertanda tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close