GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

4 Langkah Proses Kerja SEO, dari Awal Buat Blog, Riset Keyword, Optimasi, Sampai Bangun Link

4 Langkah Proses Kerja SEO, dari Awal Buat Blog, Riset Keyword, Optimasi, Sampai Bangun Link
Search Engine Optimization (SEO)

PEWARTA.CO.ID - Secara umum, SEO memiliki 4 tahapan langkah atau proses kerja, yakni sejak awal pembuatan website atau blog, melakukan riset kata kunci (keyword) tertarget, optimasi dalam laman maupun di luar laman, hingga membangun link secara terstruktur.


Empat proses kerja SEO berikut bakal menjadi faktor penting yang saling berkaitan. Artinya, tidak boleh ada satupun yang tertinggal jika website ingin berada di peringkat teratas hasil pencarian.


Secara garis besar, tahapan kerja SEO terdiri dari 4 langkah utama, seperti dijelaskan pakar SEO dunia Mateusz Makosiewicz seperti dilansir dari tulisannya yang dimuat pada laman blog Ahrefs.


4 langkah proses kerja SEO menurut Mateusz Makosiewicz terdiri dari:


1. Get your technicals right (Melakukan teknis dengan benar)


2. Find a keyword to target (Dapat menemukan keyword yang ditarget)


3. Create an optimized page (Mengoptimasi SEO on page)


4. Build links to the page (Mengoptimasi SEO off page)


Agar lebih jelas apa yang dimaksud Mateusz Makosiewicz tersebut, simak penjelasan dari 4 langkah proses kerja SEO di bawah ini.


4 langkah kerja proses SEO
Dok. https://ahrefs.com/blog/seo-process/


Melakukan teknis SEO dengan benar


Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah memastikan langkah SEO secara teknis dalam membuat website atau blog.


Ini merupakan pondasi awal yang fundamental yang akan memengaruhi peringkat website ke depannya. Alih-alih mengoptimasi di tahapan selanjutnya, dampak SEO tidak akan berhasil jika pondasi awal ini tidak dilakukan dengan benar.


Penting untuk memikirkan bahwa situs dapat dengan mudah di Crawling mesin pencari hingga akhirnya dapat di index dengan mudah.


Karena apalah artinya desain website yang indah, layout yang enak dipandang, tetapi konten tidak ramah terhadap mesin pencari.


Itu artinya, pengembang website harus menyeimbangkan pengalaman pengguna dan robot pengindeks konten dengan baik.


Dikutip dari sumber yang sama, adapun proses kerja SEO yang baik meliputi 4 tahapan, yaitu pembuatan konten dengan output URL, selanjutnya proses Crawling, rendering, lalu menghasilkan index.


Untuk memudahkan kerja seorang SEO analis dalam mengaudit kinerja mereka, ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan, salah satunya Google Search Console (GSC).


Baca juga: 6 Tips Cara Membuat Website Berkualitas SEO Friendly ala Ardi Handayat


Menemukan keyword potensial untuk ditarget


Sama halnya dengan poin pertama di atas, pada langkah menemukan keyword potensial yang ingin ditarget juga memerlukan tools.


Hal ini cukup membantu pemilik web blog untuk mengetahui tema apa yang sedang banyak dicari pengguna internet berdasarkan trend, behavior, dan potensi-potensi lain yang bisa dikembangkan.


Langkah ini berguna untuk memberi sinyal ke mesin pencari bahwa situs Anda menyediakan konten yang relevan dengan trend tersebut. Sehingga besar kemungkinan memperoleh trafik secara organik berdasarkan kebiasaan pengguna secara umum.


Sederet topik viral yang hingga hari ini masih menjadi potensi besar untuk dimuat menjadi sebuah konten meliputi tema-tema yang tak jauh dari pembahasan seputar bisnis, teknologi, kesehatan, dan human interest lainnya.


Namun saat berbicara soal kata kunci atau keyword, maka jangan lupakan aspek penting seperti potensi trafik, perspektif bisnis, mengembangkan tautan layaknya milik pesaing, serta strategi lain sehingga menjadi alasan mengapa situs Anda harus dikunjungi meski telah mengangkat topik yang sama dengan milik pesaing.


Mungkin secara garis besar, buatlah sesuatu yang valueable atau bernilai tinggi di mata mesin pencari dan pengunjung situs dengan menampilkan artikel yang original, bermanfaat, dan bernilai edukatif. Yang jelas berbeda dari yang sudah dibuat oleh pesaing.


Baca juga: Jasa Membuat Blog Terbaik, Profesional, dan Terpercaya 2023


Optimasi SEO on page


Pada poin ketiga ini memiliki 5 unsur penting yang harus diperhatikan, meliputi arti, relevansi, kualitas, kegunaan, serta konteks dan pengaturan.


Arti - Seberapa cocok halaman dengan mesin pencari.


Relevansi - Mesin pencari akan menimbang bobot artikel apakah mengandung teks, gambar, atau video yang relevan dengan yang sedang dicari pengguna internet, dengan tidak terbatas pada tema tertentu. Artinya, setiap konten akan diperlakukan hal yang sama.


Kualitas - Definisi kualitas mengacu seberapa pentingnya konten tersebut jika ditemukan pengguna dari mesin pencari. Hal ini tentu akan menjadi aspek yang memengaruhi nasib website untuk direkomendasikan muncul pada hasil pencarian teratas.


Kegunaan - Jika halaman website mengandung tema, konten, dan isi pembahasan yang sama dengan beberapa website lain, maka mesin pencari akan memprioritaskan website yang memiliki nilai lebih dan atau berbeda pada situs yang dianggap berguna dalam berbagai hal teknis, seperti ramah seluler (responsif), kecepatan akses, mendukung keamanan SSL, dan banyak faktor lainnya.


Konteks dan pengaturan - Jika semua hal di atas sudah dipenuhi masing-masing pengembang website terhadap situsnya, maka faktor lain yang masuk ranah mesin pencari adalah penyesuaian settingan berdasarkan kebiasaan, aktivitas, dan minat pengguna yang terekam selama mereka berselancar di internet. Proses perekaman tersebut mengacu pada data cookies yang ada pada sistem browser.


Baca juga: Jasa Penulis Artikel SEO Terbaik 2023, Dikerjakan Jurnalis Profesional dan Terpercaya


Optimasi SEO off page


Selain membangun struktur link yang memudahkan pengalaman pengguna dalam mengakses banyak konten sekaligus dalam satu laman yang sama, hal penting lainnya adalah menautkan website dari pihak luar (website lain).


Membuat tautan aktif yang mengarah ke website milik Anda sendiri biasa disebut backlink atau tautan balik. Di mana hal ini akan mengirim sinyal ke mesin pencari untuk merekomendasikan situs Anda sebagai sumber referensi yang terpercaya.


Baca juga: Jasa Backlink Media Nasional Berkualitas, Harga Mulai Rp 100 Ribuan


Selain itu, backlink juga membangun reputasi skor website karena dinilai mendapat kepercayaan dari situs lain yang lebih dulu dikunjungi oleh pengguna internet secara umum.


Membangun link di website lain untuk diarahkan ke halaman situs Anda tidak terbatas pada jumlah tertentu. Jadi, semakin banyak tautan aktif yang tertanam di website lain maka semakin baik pula skor website Anda dinilai sebagai rujukan yang terpercaya.


Kendati demikian, perlu untuk memperhatikan kualitas backlink yang relevan dengan tema konten website secara umum. Jangan asal meletakkan link yang tidak sesuai, atau bahkan jauh di luar tema website secara keseluruhan.


Misalnya, jika website Anda membahas tentang teknologi, maka buatlah tautan aktif yang juga mengandung kata kunci sesuai dengan tema teknologi, bahkan lebih mengerucut pada sub-tema tertentu berdasarkan keyword yang ditarget.


Dengan menerapkan 4 hal penting di atas tentu membuka harapan agar situs website Anda dapat bekerja sesuai kaidah SEO.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close