GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Mudah Cari Kerja Setelah lebaran, Cepat Ikuti 5 Tips Ini Agar Segera Dapat yang Tepat

Cara Mudah Cari Kerja Setelah lebaran, Cepat Ikuti 5 Tips Ini Agar Segera Dapat yang Tepat


PEWARTA.CO.ID - Bagi yang belum memiliki pekerjaan, setelah momentum libur lebaran adalah waktu yang tepat. Pasalnya ada banyak lowongan yang biasanya dibuka oleh banyak perusahaan.

Sejumlah lowongan kerja (loker) disediakan baik bagi fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman. Tugas pencari kerja hanya perlu menyesuaikan dengan minat dan bidang yang dikuasai.

Adapun loker terbaru itu sangat mudah ditemukan di internet. Karena ada banyak website penyedia informasi pekerjaan yang bisa dimanfaatkan, dan salah satunya perseroanterbatas.net, sebuah situs job listing yang selalu memberikan daftar lowongan pekerjaan terbaru.

Ada banyak jenis lowongan kerja yang dipublikasikan situs tersebut yang di update secara berkala oleh pengelolanya.

Dengan begitu, misi untuk segera dapat kerja setelah lebaran bisa terwujud. Ini tentu membantu para pencari kerja untuk memutus rentetan kegelisahan karena berstatus masih menganggur.

Namun di lain sisi, ada cara lain yang juga harus diperhatikan agar bisa cepat dapat pekerjaan. Apa saja? Simak tips berikut lalu ikuti.


1. Aktif hunting informasi di internet

Seperti disebutkan di atas, website seperti perseroanterbatas.net bisa menjadi rujukan untuk mendapatkan info lowongan kerja terbaru setelah lebaran.

Selain itu, maksimalkan juga pencarian di media sosial. Bila perlu ikuti beberapa akun yang relevan sebagai penyedia info loker sesuai daerah tempat tinggal.


Baca juga: Cari Info Loker Terbaru 2023 Kini Makin Mudah dengan Karirkan.com


2. Tanya relasi atau teman

Manfaatkan jaringan pertemanan atau relasi yang Anda miliki untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan keahlian.

Pilah dan pilih yang sekiranya cocok untuk menunjang karir Anda dalam jangka pendek atau panjang sekalipun.


3. Listing loker terbaru

Buat daftar atau listing dari sekian banyak informasi lowongan pekerjaan tersebut ke dala sebuah catatan. Atau dengan kata lain buat sebuah database khusus terkait hasil temuan Anda setelah proses pencarian tadi.

Hal ini bisa memudahkan Anda untuk memfilter lowongan mana yang kira-kira paling pas untuk dituju. Dan jangan lupa untuk segera mengambil sikap.


4. Siapkan CV terbaru

Buat CV terbaru jika Anda belum memilikinya, atau update infonya sesuai kondisi terkini jika sebelumnya telah memiliki.

Pastikan tidak ada informasi yang dimanipulasi hanya demi berharap dilirik perusahaan. Karena khawatirnya Anda tidak dapat memenuhi kriteria tersebut lantaran CV tidak diisi sesuai dengan kondisi sebenarnya.


Baca juga: Tips dan Trik Cara Kirim Lamaran Kerja Terbaru 2023, Semudah Bikin Status Medsos dengan Karir.Ai


5. Kirim lamaran di jam yang tepat

Berdasarkan pengalaman rekan penulis di beberapa kesempatan sebelumnya, ternyata ada waktu khusus yang diyakini memengaruhi nasib lamaran yang dikirim.

Jam tersebut menjadi sangat efektif untuk digunakan dalam mengirim lamaran dan CV. Adapun waktunya adalah pukul 10.00-12.00 dan 14.00-15.00 WIB.

Di luar jam yang disebutkan tadi sebaiknya tunda dulu niatan Anda mengirim lamaran (apply). Namun jangan terlalu lama juga untuk menundanya.

Misalnya, jika Anda baru mengetahui info loker tersebut pada pukul 18.00 WIB, maka sebaiknya mengirimkannya pada keesokan harinya.

Atau jika menyadari ada info loker terbaru pada pukul 13.00 WIB, maka tunggu setidaknya hingga satu jam hingga pukul 14.00 WIB untuk coba mengirimkannya.


6. Kirim dengan format yang rapi

Kebanyakan perusahaan sudah menerapkan format pengiriman lamaran dan CV via surat elektronik (surel) atau email. Cara ini dinilai cukup memudahkan bagi jobseeker tanpa harus repot mencetak surat secara konvensional.

Kendati demikian, mengirim lamaran via email juga tidak boleh asal-asalan. Ada cara tersendiri agar lamaran bisa dilirik perusahaan yang dituju.

Buat format yang tepat, berkas mudah diakses, hingga file yang terkumpul menjadi satu folder besar lalu dikirimkan ke email perusahaan.

Untuk contoh format mengirim lamaran kerja yang baik dan benar bisa dipelajari pada artikel Pewarta sebelumnya berjudul "Tips dan Trik Kirim Lamaran Kerja Terbaru 2023".

Demikian tips cara dapat kerja setelah lebaran yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat dan memberikan solusi utamanya bagi yang sedang berburu info lowongan pekerjaan terbaru saat ini. Salam sukses untuk pejuang nafkah keluarga, SEMANGAT!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close