GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Panggilan WA Cuma Memanggil Padahal Status Chat Centang 2, Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Panggilan WA Cuma Memanggil Padahal Status Chat Centang 2, Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya
Panggilan telepon WA hanya berstatus "memanggil" padahal untuk chatting normal centang 2 alias bisa terkirim.

PEWARTA.CO.ID - Sering dialami pengguna aplikasi WhatsApp atau WA yakni status panggilan hanya "memanggil" kendati jaringan internet dalam keadaan normal. Bahkan ketika digunakan untuk mengirim pesan chat semua normal saja, alias dapat terkirim dengan lancar.


Lalu, apa permasalahan yang sebenarnya terjadi sehingga panggilan telepon WA mengalami gangguan seperti itu?


Meski saat dipakai mengirim pesan berstatus centang 2 tanda chat telah terkirim, namun beda situasi saat digunakan untuk melakukan panggilan ke kontak lain.


Dikutip dari AjieKusumaDhany.com, ternyata hal itu kerap dialami banyak pengguna WA dan mungkin salah satunya Anda.


Adapun penyebab panggilan telepon WA hanya memanggil meski jaringan normal ternyata disebabkan oleh 4 kemungkinan, antara lain:


1. Berada dalam panggilan lain


Disebutkan alasan yang mungkin terjadi sebagai penyebab panggilan telepon WA cuma berstatus "memanggil" karena nomor kontak yang hendak dihubungi sedang dalam panggilan lain.


Biasanya status dalam panggilan lain juga muncul di bagian atas layar WA. Tapi jika yang dihubungi menyembunyikan pengaturan privasi akunnya maka bisa jadi status panggilan lain itu tidak akan muncul.


Jadi, harap bersabar beberapa waktu jika memang yang menjadi penyebab panggilan WA hanya "memanggil" adalah karena benturan waktu telepon yang bersamaan.


Baca juga: 4 Ciri-ciri Akun WhatsApp Sedang Dibajak, Salah Satu Tandanya Mengirim Pesan Sendiri


2. Bug WhatsApp


Terkadang penguna tidak merasa melakukan kesalahan namun ketidakberesan masih terjadi pada aplikasi yang digunakan. Masalah itu dikenal dengan istilah Debug atau Bug program.


Hal ini memang bukan karena ulah pengguna, tetapi memang ada sistem yang tengah eror dari pusat penyedia layanan aplikasi.


Meski dioperasikan perusahaan teknologi sekelas Meta, bukan berarti WhatsApp tidak bisa eror. Mereka bahkan sering berulang kali mengalami permasalah debug sehingga aplikasi tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


Bahkan hal serupa sering dialami aplikasi besutan Meta lainnya seperti Facebook dan Instagram.


Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Baru Mulai Januari 2023, Bisa Kirim Pesan Meski Jaringan Diblokir


3. Akun WA diblokir


Nah, untuk masalah yang satu ini beda lagi kasusnya. Mungkin pengguna sempat melakukan pelanggaran kebijakan sehingga akun diblokir.


Pemblokiran yang dilakukan WA ada 2 sifat, yakni blokir sementara dan permanen. Jika sementara, maka waktu pemulihan dapat dilakukan maksimal 24 jam sejak pemblokiran terjadi. Namun jika permanen maka sudah waktunya Anda mengucapkan selamat tinggal pada akun WA Anda.


Jadi sebaiknya berhati-hati dalam penggunaan WA. Jangan sampai pemblokiran ini terjadi pada nomor yang Anda miliki.


Beberapa kemungkinan sebab akun WA diblokir karena pengguna melakukan aktivitas spam, sampai aksi penipuan yang akhirnya dilaporkan oleh kontak lain.


Baca juga: TikTok Justru Buka Ribuan Lowongan Kerja Saat Meta dan Twitter Lakukan PHK Massal


4. Jaringan tidak stabil


Terakhir kendala jaringan ternyata juga bisa menjadi penyebab yang lazim membuat status panggilan WA jadi "memanggil" saja.


Pada kasus ini memang tidak terjadi masalah saat mengirim pesan chat, tetap masalah baru akan ketahuan saat digunakan untuk menelpon.


Maka sebaiknya pastikan dahulu bahwa jaringan internet benar-benar stabil sebelum melakukan panggilan telepon melalui WhatsApp.


Cara mengatasi panggilan WA cuma 'memanggil'


Jika melihat beberapa kemungkinan di atas yang disinyalir sebagai penyebab kenapa WA centang 2 tapi memanggil, harap tenang agar tidak panik duluan.


Karena ada sejumlah cara yang bisa dilakukan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Pertama, periksa jaringan internet. Lakukan restart bila perlu agar merefresh koneksi yang mungkin terkendala karena penuhnya cache dan history pemakaian.


Selain itu, cek juga apakah proses pencadangan sudah dilakukan dengan benar. Proses pencadangan biasanya membuat koneksi internet menjadi lebih lambat lantaran adanya proses pengunggahan data ke server WA.


Baca juga: WhatsApp Hadirkan Fitur Polling untuk Pengguna di Indonesia


Kedua, harap berhati-hati dalam penggunaan WA agar tidak berpotensi diblokir sekalipun cuma sementara.


Ketiga, jika memang errornya WA karena permasalah debug, maka hentikan sementara penggunaan aplikasi sampai bug sudah teratasi oleh tim IT pusat WA.


Keempat, Sabar dan berdoa. Barangkali kendala nomor yang Anda hubungi sedang melakukan panggilan dengan kontak lain adalah sesuai yang darurat dan bersifat lebih penting.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close