GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Aminah Cendrakasih Jadi Tema Google Doodle Hari Ini: Senin, 29 Januari 2024, Ini Profil Biodata Aktris Pemeran Mak Nyak di Film Si Doel

Aminah Cendrakasih Jadi Tema Google Doodle Hari Ini: Senin, 29 Januari 2024, Ini Profil Biodata Aktris Pemeran Mak Nyak di Film Si Doel
Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak menjadi tema Google Doodle hari ini: Senin, 29 Januari 2024. (Edited by: Pewarta.co.id/Bram Edo)

PEWARTA, ENTERTAINMENT - Google Doodle hari ini, Senin, 29 Januari 2024, menampilkan sosok Aminah Cendrakasih, aktris senior yang dikenal sebagai pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Doodle kali ini merupakan bentuk apresiasi Google atas dedikasi dan karya Aminah Cendrakasih di dunia hiburan tanah air.

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 29 Januari 1938. Ia mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai model pada tahun 1950-an.

Pada tahun 1956, ia memulai debutnya di dunia film dengan membintangi film Serampang 12.

Selama kariernya, Aminah Cendrakasih telah membintangi puluhan film dan sinetron. Beberapa film yang pernah ia bintangi antara lain Benyamin Raja Lenong (1975), Gadis Telepon (1983), dan Masih Adakah Cinta (1980).

Namun, namanya mulai dikenal luas setelah ia berperan sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Sinetron yang tayang perdana pada tahun 1994 ini sukses besar dan menjadi salah satu sinetron terpopuler di Indonesia. Bahkan masih sering diputar di layar kaca RCTI hingga sekarang.

Peran Mak Nyak yang dibintangi Aminah Cendrakasih menjadi salah satu karakter ikonik dalam sejarah pertelevisian Indonesia.

Dalam film Si Doel, Mak Nyak digambarkan sebagai sosok ibu yang tegas, bijaksana, dan penyayang.


Baca juga: Daftar Film dan Sinetron yang Pernah Dibintangi Aminah Cendrakasih, Salah Satunya Masih Tayang di TV Sampai Sekarang


Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada tanggal 21 Desember 2022 di usia 84 tahun. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi para penggemarnya.

Berikut profil biodata Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak selengkapnya

Profil biodata Aminah Cendrakasih

  • Nama lengkap: Aminah Cendrakasih
  • Nama panggung: Mak Nyak
  • Tempat lahir: Magelang, Jawa Tengah
  • Tanggal lahir: 29 Januari 1938
  • Tanggal meninggal: 21 Desember 2022

Karir Aminah Cendrakasih

  • Model (1950-an)
  • Aktris film (1956-sekarang)
  • Aktris sinetron (1994-2000an)


Penghargaan Aminah Cendrakasih

  • Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional (1992)
  • Lifetime Achievement Award dari Festival Film Bandung (2023)

Google Doodle Aminah Cendrakasih menampilkan sosoknya yang mengenakan kebaya dan kain batik berwarna merah, lengkap dengan gaya kerudung khas Betawi.

Tema Google Doodle hari ini tentunya akan sangat disukai para penggemar Aminah Cendrakasih, khususnya dari sinetron atau film Si Doel Anak Sekolahan. Tenang di alam sana, legenda!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close