Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Samsung J2 Prime Bootloop? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kamis, 14 April 2022 | 13:03 WIB Last Updated 2022-09-02T09:50:11Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Solusi cara mengatasi bootloop Samsung J2 Prime
Bootloop pada Samsung J2 Prime

PEWARTA.CO.ID - Permasalahan pada smartphone memang kerap terjadi seiring pemakaian dalam waktu yang lama. Salah satu di antaranya seperti masalah bootloop yang membuat jengkel.

Masalah bootloop bisa datang kapan saja tanpa diduga. Parahnya, kondisi tersebut bisa saja terjadi saat Anda lagi butuh-butuhnya dengan perangkat tersebut, maka bisa dipastikan pekerjaan akan terganggu.

Namun sebelum membahas problem seputar bootloop, mulai dari penyebab bootloop sampai cara mengatasi ponsel bootloop, ada baiknya pahami dulu apa itu bootloop.

Secara spesifik termasuk membahas penyebab dan solusi Samsung J2 Prime bootloop sesuai judul artikel ini.

Baca juga: Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri? Begini Solusi Cara Mengatasinya!


Baca juga: Ikuti Apple, Samsung Jual HP Murah Tanpa Charger


Pengertian Bootloop


Arti bootloop adalah proses rebooting, yaitu kondisi di mana ponsel mati kemudian menyala kembali yang terjadi secara terus-menerus. Dengan kata lain, ponsel melakukan proses restart dengan sendirinya secara berulang yang berakhir hanya sampai di tampilan logo tanpa pernah masuk ke program ponsel.

Secara umum, penyebab bootloop biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti adanya gangguan pada file system, kerusakan file aplikasi, adanya virus, malware, masalah instalasi, memakai ROM yang tidak tepat, dan berbagai sebab lainnya.

Selain itu, bootloop bisa juga disebabkan oleh modifikasi sistem yang berlebihan.

Bootloop Samsung J2 Prime


Sama halnya dengan kasus bootloop yang terjadi pada ponsel android pada umumnya, permasalahan bootloop pada Samsung J2 Prime juga sering membuat jengkel.

Bukan tak mungkin bootloop pada Samsung J2 Prime terjadi pada waktu yang tak terduga, saat Anda butuh sekali untuk melakukan komunikasi atau yang berkaitan dengan pekerjaan.

Karenanya, dibutuhkan solusi bootloop pada Samsung J2 Prime tersebut dengan segera, agar tak menghambat pekerjaan Anda.

Baca juga: Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri? Begini Solusi Cara Mengatasinya!


Baca juga: Fitur Canggih Samsung Watch 5, Bisa Ukur Suhu Tubuh


Penyebab Bootloop Samsung J2 Prime


Dikutip dari Rafidhcell.com, penyebab bootloop Samsung J2 Prime biasanya karena sebab yang sepele, yakni sering mengabaikan pesan peringatan memori internal yang hampir penuh.

Padahal seharusnya, ketika didapati peringatan yang demikian pengguna Samsung J2 Prime wajib segera mengambil tindakan, seperti menghapus data-data atau berkas yang tidak penting yang tersimpan pada internal ponsel.

Jika hal tersebut diabaikan, maka tak heran Samsung J2 Prime akan menjadi bootloop dan beberapa fungsi menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi Bootloop Samsung J2 Prime


Solusi mengatasi bootloop Samsung J2 Prime yang terbukti efektif adalah flashing. Meskipun cara ini disertai beberapa konsekuensi setelahnya, seperti mereset semua data berkas yang sebelumnya ada pada memori internal ponsel.

Artinya, permasalah rebooting pada perangkat dapat teratasi namun kumpulan berkas yang tersimpan dalam ponsel akan hilang semua.

Ya, walau bagaimanapun terpenting solusi menghidupkan kembali perangkat dapat teratasi. Karena percuma juga berkas dapat tersimpan dalam memori jika ponsel dalam keadaan bootloop, yang tentunya tidak dapat diakses juga.

Baca juga: Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri? Begini Solusi Cara Mengatasinya!


Baca juga: Cara Mengganti Tanggal Lahir dan Umur di TikTok Terbukti Berhasil


Masih melansir dari Rafidhcell.com, dijelaskan bahwa proses flashing dapat memberikan manfaat pada Samsung J2 Prime yang bootloop.

Manfaat flashing Samsung J2 Prime dapat mengatasi masalah hang logo, permasalahan tombol layar sentuh yang tak berfungsi, solusi ketika lupa pola/kunci layar, mengatasi serangan virus, dan masih banyak lainnya.

Diketahui ada tiga cara mengatasi bootloop pada HP Samsung J2 Prime, di antaranya flashing via Odin dengan PC, flashing tanpa PC via SD card, dan flashing tanpa PC dengan cara hard reset.

Dari ketiga metode di atas tentunya dapat dipilih salah satu yang dianggap membantu proses flashing.

Namun, jika ragu melakukan flashing sendiri ada baiknya Anda meminta bantuan pada ahlinya, seperti jasa servis HP misalnya.

Untuk diketahui, cara flash HP Samsung J2 Prime bootloop dengan PC masih jadi metode yang dianggap paling ampuh sejauh ini. Kebanyakan jasa servis juga menggunakan cara ini untuk mengatasi kasus bootloop pada Samsung J2 Prime.

Jadi, jika kasus bootloop juga terjadi pada perangkat seluler Anda, kira-kira mau pakai cara yang mana?

Yang jelas cara apapun itu, semoga permasalah bootloop di ponsel Anda dapat segera terselesaikan ya!

(dnu/aep)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close