Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Solusi Belajar Siswa Secara Mandiri di Tengah Pandemi

Senin, 11 April 2022 | 20:51 WIB Last Updated 2022-09-18T00:57:04Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Solusi Belajar Siswa Secara Mandiri di Tengah Pandemi
Ilustrasi siswa belajar daring

PEWARTA.CO.ID - Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup dan kebiasaan masyarakat. Bukan hanya soal urusan kerja, namun siswa sekolah pun diharuskan menerapkan metode yang 180 derajat berbeda dari umumnya.

Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona, baik kalangan pekerja maupun siswa sekolah disarankan untuk melakukan aktivitas secara mandiri di rumah atau dikenal dengan istilah Work From Home (WFH).

Begitu pula soal urusan belajar, murid-murid yang biasanya menerima materi pembelajaran tatap muka juga diharuskan melakukannya secara daring (online).

Mungkin tak jadi masalah, yang membedakannya hanya metodenya saja, namun materinya tetaplah berasal dari sumber yang jelas yakni guru.

Baca juga: Cara Membuat Logo Super Mudah dan Cepat di HP Dengan Aplikasi DesignEvo


Namun, problem justru terjadi tatkala para siswa tersebut mendapat tugas dari guru untuk dikerjakan secara mandiri. Tak banyak yang bisa memanfaatkan internet, terlebih jika para siswa beserta orangtua wali memiliki keterbatasan pengetahuan soal referensi mencari informasi seputar dunia pendidikan.

Padahal, hampir setiap hari para siswa selalu mendapat tugas-tugas baru yang wajib diselesaikan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan oleh guru.

Menangkap permasalahan itulah yang akhirnya membuat Jafar, seorang warga Pemalang, Jawa Tengah, membuat sebuah situs edukasi bernama Jafarull.com.

Pemuda berusia 23 tahun itu rutin membuat konten berupa materi pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa.

Cakupan materinya cukup luas, sehingga sangat menunjang aktifitas belajar mandiri saat pandemi.

Baca juga: Contoh Format Surat Lamaran Kerja yang Efektif dan Ampuh Pasti Diterima, Seperti Apa?


Alasan Jafar membuat Jafarull.com tak lain adalah untuk mempermudah kalangan siswa beserta orangtua/wali, untuk menemukan literatur mengenai bahasan materi pelajaran seperti yang diajarkan di sekolah.

Menariknya, Jafarull.com memberikan ulasan secara mendalam pada setiap topik bahasannya. Ulasan terperinci itulah yang dapat dimanfaat pembacanya untuk mendapatkan informasi secara detail dan lengkap.

Ada banyak materi pelajaran yang disajikan, seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, cara menulis yang baik dan benar, termasuk konten seni, budaya, dan olah kreativitas.

Baca juga: Sejarah Asal-usul Jigangbei, Mangkok Gambar Ayam Jago Ala Penjual Mie Bakso


Bahkan tak hanya itu, website Jafarull.com juga memposting konten yang berkaitan dengan kuliner dan jajan menarik, seperti terlihat dalam artikel berjudul "Contoh Teks Prosedur Membuat Kue" misalnya. Artikel itu mengulas mengenai tata cara membuat kue brownies dengan keterangan yang cukup lengkap dan jelas, sehingga mudah dipahami pembacanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang menjadi poin pembahasan dari Jafarull.com Anda bisa membuka alamat web tersebut melalui www.jafarull.com.

(chy/nr)


*Adv

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close